Sukses

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Disebut Green Olympics, Simak Alasannya

Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dikatakan Green Olympics karena adanya upaya untuk mendahulukan sumber daya alam terbarukan atau hijau di Beijing.

Liputan6.com, Jakarta- China ingin menggunakan Olimpiade Musim Dingin Beijing untuk memamerkan kredensial hijaunya, tetapi ada kekhawatiran atas biaya lingkungan dari Olimpiade yang mengandalkan salju buatan di salah satu tempat terkering di negara ini.

Sulit untuk secara independen memverifikasi klaim Beijing di sekitar Olimpiade yang dimulai pada 4 Februari mendatang, dan para pencinta lingkungan mengatakan kepada AFP bahwa mereka takut akan reaksi dari pihak berwenang jika mereka menganalisis target hijau di Beijing. 

China telah berjanji untuk menyalakan Olimpiade hanya dengan menggunakan energi angin, hidro, dan matahari. Meskipun mengandalkan batubara untuk menggerakkan hampir dua pertiga dari ekonominya. 

Kota Zhangjiakou, salah satu dari tiga pusat Olimpiade telah memasang ladang angin yang mencakup ratusan hektar yang dapat menghasilkan 14 juta kilowatt listrik mirip dengan daya yang dapat dihasilkan Singapura. 

Pihak berwenang juga telah menutupi sisi gunung dengan panel surya yang mereka katakan akan menghasilkan tujuh juta kilowatt lagi. 

Panitia penyelenggara Olimpiade Beijing mengatakan kepada AFP bahwa China membangun “pembangkit listrik khusus yang mengambil daya yang dihasilkan dari sumber terbarukan, menyimpannya, dan mengirimkannya ke semua tempat.” 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membersihkan Permainan Mereka

Ekonomi China telah mengandalkan pertumbuhan berbahan bakar batu bara selama beberapa dekade dan masih membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga batu bara daripada gabungan seluruh dunia. 

Dalam upaya untuk membersihkan langit Beijing yang terkenal basah sebelum Olimpiade, kompor batu bara di 25 juta rumah tangga di China Utara diganti dengan gas atau listrik. Puluhan ribu pabrik juga didenda karena melebihi batas emisi. Pabrik baja di sekitar Beijing juga telah diperintahakan untuk memangkas produksi hingga setengahnya. 

Jumlah hari yang tercemar di ibukota China turun menjadi 10 pada tahun 2020 dibandingkan dengan 43 pada tahun 2015. Menurut kementrian lingkungan, kualitas udara kota masih secara teratur melebihi standar organisasi kesehatan dunia. 

Sebuah penilaian 2015 oleh Greenpeace mengatakan “pelajaran terbesar dari Olimpiade 2008 (yang dilangsungkan di Beijing). Telah menjadi kesadaran bahwa hanya memindahkan industri kotor dari Beijing ke provinsi-provinsi tetangga tidak membawa perbaikan kualitas udara yang langgeng. 

Sekitar 655 bus bertenaga hydrogen akan digunakan untuk mengangkut atlet dan ofisial selama Olimpiade Musim Dingin, kata kantor berita negara Xinhua. Penyelenggara mengatakan 85% kendaraan yang digunakan untuk Olimpiade akan berjalan dengan listrik atau hidrogen.

Virus Corona juga telah sangat mengurangi jumlah penerbangan internasional ke China

3 dari 4 halaman

Salju Buatan Manusia

Peristiwa di pegunungan kering Zhangjiakou dan Yangqing, utara Beijing, akan sepenuhnya bergantung pada salju buatan manusia. Salju buatan telah digunakan untuk berbagai tingkat sejak Olimpiade Musim Dingin 1980 di Danau Placid, New York. 

China memperkirakan akan membutuhkan sekitar 49 juta galon air untuk membuat salju buatan untuk acara-acara seperti ski dan snowboarding menurut blueprint tahun 2019 oleh perencana ekonomi nasional negara itu. 

Air akan berasal dari waduh di Zhanjiakou, “tetapi akan mencapai kurang dari satu persen dari pasokan air kota,” kata seorang anggota panitia penyelenggara Olimpiade Beijing kepada tabloid Global Times yang dikelola pemerintah. 

Pembuat salju mengatakan air yang digunakan untuk membuat salju tidak mengandung aditif kimia dan ketika meleleh air secara alami akan masuk kembali ke tanah. 

Kota Beijing sangat tertekan air, dengan 185 meter kubik air per orang per tahun untuk 21 juta penduduk kurang dari seperlima dari pasokan yang dibutuhkan sesuai standar PBB. 

Ketika China memenangkan tawaran untuk menjadi tuan rumah Olimpiade, salah satu jalur propaganda utama adalah bahwa hal itu akan membatu menempatkan “300 juta orang di atas es.”

Tetapi para pecinta lingkungan mengatakan mempromosikan olahraga musim dingin yang mengandalkan es buatan dan salju dapat memperburuk kesengsaraan air. 

Carmen de Jong, dari Universitas Strasourg mengatakan: “untuk memiliki permainan di situs atau wilayah tanpa salju tidak berkelanjutan karena intensif air dan energi merusak kesehatan tanah dan menyebabkan erosi. 

“Untuk membuat acara tanpa sumber daya utama, itu tidak hanya berkelanjutan, itu tidak bertanggung jawab.”

Penulis: Jesslyn Koesman

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.