Sukses

8 Penonton Tewas, Laga Perempat Final Piala Afrika 2022 Dipindah dari Lokasi Kejadian

Federasi sepak bola Kamerun, CAF masih terus melakukan penyelidikan atas insiden tragis di Piala AFF 2022 itu.

Liputan6.com, Jakarta Tewasnya 8 penonton jelang pertandingan timnas Kamerun melawan Comoros di babak 16 besar Piala Afrika 2022 berbuntut panjang. CAF selaku otoritas tertinggi sepak bola di Kamerun memutuskan untuk memindahkan lokasi pertandingan perempat final dari Stadion Paul Biya Olembe, Yaounde. 

Sebelum kejadian, dua laga perempat final dijadwalkan berlangsung di stadion berkapasitas 60 ribu penonton itu, yakni Pantai Gading Vs Mesir dan Maroko Vs Malawi. Namun demi memperlancar penyelidikan, CAF memutuskan memindahkan kedua pertandingan ke Ahmadou Ahidjo Stadium.

"saya sudah menerima banyak masukan dan melakukan banyak diskusi hingga pagi ini," kata Presiden CAF, Patrice Motsepe, dalam media briefing seperti dilansir dari AS, Rabu (26/1/2022). 

"Hal pertama yang saya minta kepada komite organisasi adalah pertandingan selanjutnya harus dipindah dari Stadion Olembe," Motsepe menambahkan. 

Insiden tragis mewarnai jalannya pertandingan Piala Afrika 2022. Delapan orang dinyatakan tewas dan 38 penonton lainnya mengalami cedera akibat kericuhan yang terjadi di pintu masuk jelang pertandingan timnas Kamerun melawan Comoros di Stadion Olembe, Senin (24/1/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diwarnai Insiden Tragis

Penonton yang berebut masuk membuat sebagian orang terinjak-injak. CAF sejauh ini telah melakukan penyelidikan dan akan menyampaikan temuannya secara lengkap pada Jumat (28/1/2022). 

FIFA telah mengirimkan ucapan duka kepada para korban. Sementara pemerintah Kamerun mendesak CAF melakukan penyelidikan untuk mengetahui secara rinci penyebab insiden tersebut. 

"Saya sudah bicara kepada senior di pemerintahan, dan benar kami menghormati mitra kami yang mengindikasikan perlu segera dibentuk komite untuk menyelidiki apa yang terjadi," kata Motsepe.

"Dalam konteks itu, untuk mengetahui siapa yang seharusnya melakukan apa dan siapa yang tidak melakukan tanggung jawabnya. Kami menginginkan laporan itu pada hari Jumat, tetapi seperti yang saya katakan, pertandingan yang dijadwalkan di Stadion Olembé pada hari Minggu tidak akan berlangsung dan itu akan berlangsung di Amadou. Akan ada perubahan lain yang akan dilakukan."

 

3 dari 3 halaman

Timnas Kamerun ke Perempat Final

Menurut laporan, pertandingan yang berlangsung di Douala juga akan digeser ke Limbe.

Sementar itu, Timnas Kamerun akhirnya melaju ke babak perempat final usai mengalahkan Comoros dengan skor 2-1. Di laga selanjutnya, The Indomitable Lions akan betemu Gambia, 29 Januari 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.