Sukses

Profil BoA, Idol Veteran yang Jadi Anggota Girl Group Baru SM Entertainment

Liputan6.com, Jakarta Kwon Bo-ah, atau yang akrab disapa dengan nama panggung BoA merupakan nama yang hampir tak pernah dilupakan di industri musik Korea. Debut pada tahun 2000, BoA dikenal sebagai idol paket lengkap, dengan kemampuan tari, vokal, dan visual yang mumpuni.

BoA lahir di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 5 November 1986. Berselancar selama lebih dari dua dekade di dunia hiburan, BoA diklaim sebagai salah satu selebritas paling sukses dan berpengaruh di Korea, hingga dijuluki sebagai “Queen of K-pop”.

Ia pertama kali bertemu dengan agensi hiburan SM Entertainment ketika menemani saudara laki-lakinya dalam audisi pencarian bakat pada 1998. BoA menjalani masa training selama dua tahun sebelum memulai debutnya pada Agustus 2000.

Hingga kini, BoA tercatat telah merilis 20 album studio, terdiri atas 10 album berbahasa Korea, 9 album berbahasa Jepang, dan 1 album berbagasa Inggris. Kemampuan bernyanyi dalam berbagai bahasa, seperti Jepang, Inggris, dan Mandarin, telah membantunya meraih kesuksesan di pasar luar Korea Selatan.

Adapun dalam kancah pertelevisian, BoA sempat tampil sebagai juri K-pop Star (2011–2013), aktris drama Listen to Love (2016), pembawa acara Produce 101 musim kedua (2017), dan pelatih The Voice of Korea musim ketiga (2020

2 dari 3 halaman

Anggota Girls on Top

Baru-baru ini, BoA diumumkan sebagai anggota girl group baru bentukan SM, Girls on Top. Proyek tersebut mempertemukan BoA dengan sejumlah idol populer lain, mulai dari Taeyeon dan Hyoyeon SNSD, Seulgi dan Wendy Red Velvet, hingga Karina dan Winter Aespa.

Menurut cuitan di media sosial SM, Girls on Top akan diperkenalkan pada tahun baru 2022. Sementara itu, lagu perdana mereka bakal dirilis pada 3 Januari 2022 pukul 6 sore waktu setempat.

Girls on Top menjadi girl group yang banyak dinanti berkat keberaniannya menampilkan anggota dengan jam terbang berbeda-beda. Dikutip dari Liputan6.com, memberi Girls on Top memiliki jarak setiap enam hingga tujuh tahun, dan berasal dari generasi berbeda.

Adapun, “Queen of K-Pop” BoA debut sejak 2000, diikuti SNSD pada 2007, Red Velvet pada 2014, serta Aespa tahun lalu.

3 dari 3 halaman

Direktur Noneksekutif di SM Entertainment

Tak hanya berstatus sebagai artis, BoA juga dilaporkan menduduki posisi direktur noneksekutif di SM Entertainment.

"Tugas masing-masing direktur noneksekutif berbeda. Aku bertanggung jawab menjaga mental artis yang debut dalam usia muda," tutur BoA dalam acara Master in the House pada 2018 silam, seperti dikutip dari laporan Soompi.

 

Penulis: Melinda Indrasari