Sukses

Kaleidoskop 2021: Fakta Menarik Dunia Balap, Fenomena Juara Baru MotoGP, F1 dan WSBK

Liputan6.com, Jakarta Balap internasional di tahun 2021 berlangsung lebih baik dibandingkan pada 2020. Di tahun ini, balapan bisa kembali dihadiri penonton.

Selain itu, balapan seperti MotoGP dan Formula 1 bisa menggelar lebih banyak seri. Meski masih ada beberapa venue yang harus dibatalkan karena belum kondusif akibat pandemi Covid-19.

Balap internasional di 2021 juga ditandai dengan kehadiran sirkuit-sirkuit baru. Sebut saja salah satunya yang fenomenal yaitu sirkuit Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat yang sudah menghelat WSBK.

Selain itu, juara-juara baru juga hadir di balap internasional. Ini menambah antusiasme dan daya tarik balapan menjadi lebih menarik.

Apa saja fakta-fakta menarik di dunia balap internasional selama 2021 yang menjadi sorotan untuk menjadi kaleidoskop 2021 dunia balap? Simak ulasannya di halaman berikutnya:

 

2 dari 5 halaman

1. Fabio Quartararo Juara MotoGP

 

Fabio Quartararo sudah menonjol bakatnya sejak gabung Petronas Yamaha di 2018 lalu. Bakat istimewanya cukup menonjol sehingga menjadi perhatian tim pabrikan.

Hanya butuh satu musim bagi Quartararo untuk jadi juara MotoGP. Sempat nyaris juara di 2020, Quartararo merampungkan cita-citanya di MotoGP 2021.

Motor Yamaha hebat? Tidak sepenuhnya betul karena konsistensi Quartararo di MotoGP 2021 menjadi penentu juara. Padahal secara motor, Yamaha masih kalah dari Ducati yang menangi juara tim dan konstruktor.

 

3 dari 5 halaman

2. Sirkuit Mandalika Gelar WSBK

 

Sempat diragukan bisa menghelat event internasional tepat waktu, sirkuit Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat malah berhasil menjadi seri pamungkas WSBK 2021 pada November lalu. Sirkuit dengan luas 4,31 km dan 17 tikungan ini berhasil menghelat WSBK dengan baik.

Faktor cuaca hujan sempat membuat balapan tertunda. Namun secara umum event di Lombok itu sudah menaikkan status Indonesia sebagai salah satu kandidat penyelenggara event balap motor atau mobil dunia.

WSBK Mandalika menjadi pemanasan bagi Indonesia sebelum menghelat event MotoGP pada April mendatang. Ini bakal jadi puncak keseruan dan sekaligus ujian bagi kesiapan Mandalika menghelat event yang lebih bergengsi.

 

4 dari 5 halaman

3. Toprak Razgatlioglu Kalahkan Jonathan Rea

 

WSBK nyaris saja menjadi event yang membosankan sebelum Toprak Razgatlioglu ikut meramaikan WSBK. Pembalap Pata Yamaha ini mematahkan dominasi pembalap Kawasaki Jonathan Rea yang sudah juara enam kali beruntun.

2021 menjadi momen apik bagi pembalap asal Turki itu. Dia paling konsisten meraih podium dan kemenangan. Partai penentu digelar di sirkuit Mandalika dimana Toprak memungkasi penampilannya cukup dengan raih posisi dua dan empat pada dua kali race.

Dalam satu tahun ke depan, Toprak akan membuktikan lagi ketangguhannya di WSBK sebelum hijrah ke MotoGP.

 

5 dari 5 halaman

4. Max Verstappen Juara Dramatis F1

 

Red Bull Racing meraih kembali kejayaannya usai Max Verstappen rebut gelar juara F1. Gelar juara direbut dengan dramatis karena terjadi di seri terakhir dan juga lap terakhir F1 GP Abu Dhabi.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton yang diambang meraih gelar juara F1 kedelapan beruntun harus gigit jari karena ambisinya terganjal bendera merah. Andai saja tidak terjadi kecelakaan, pembalap Inggris ini boleh jadi juara lagi.

Namun masuknya safety car memberi jalan bagi Verstappen ganti ban lunak dan menyalip Hamilton secara dramatis di Yas Marina Circuit.