Sukses

Dibantai Timnas Indonesia di Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia Akui Sulit Imbangi Skuat Garuda

Timnas Indonesia membantai Malaysia dengan skor 4-1 pada laga pamungkas Grup B untuk merebut tiket ke semfinal.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghancurkan Malaysia di laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020. Skuat Garuda menang 4-1 atas Harimau Malaya di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB.

Dalam laga ini, Malaysia unggul terlebih dahulu atas Timnas Indonesia pada menit ke-13 lewat gol Kogileswaran Raj Mohan. Skuat Garuda menyamakan skor di menit ke-36 dan berbalik unggul tujuh menit kemudian melalui dua gol Irfan Jaya.

Timnas Indonesia menambah dua gol lagi di babak kedua. Kedua gol itu dilesakkan Pratama Arhan pada menit ke-50 dan Elkan Baggott menit 82

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe mengakui pemainnya sulit mengimbangi intensitas bermain Timnas Indonesia. Apalagi, dia tidak bisa memainkan dua bek tengahnya, yakni Aidil Zafuan dan Shahrul Saad karena cedera.

"Intensitas pertandingan memang tinggi dan sayangnya kami tidak bisa menurunkan dua bek tengah kami. Itu yang membuat lini belakang kami tidak stabil. Tentu kami kecewa dengan kekalahan ini," katanya dalam konferensi pers virtual setelah pertandingan.

Simak selengkapnya jadwal Piala AFF 2020/2021 dan jadwal Timnas Indonesia, juga hasil pertandingan dan klasemen dengan klik di sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecerobohan sendiri

Menurut Tan, Malaysia sebenarnya memulai laga dengan pola menyerang. Ini untuk mendapatkan gol karena hanya kemenangan yang membawa Malaysia ke semifinal.

Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Malaysia sering tertekan meski unggul terlebih dahulu. Harimau Malaya benar-benar tidak bisa keluar dari kurungan skuat Garuda.

"Indonesia memiliki pemain-pemain yang cepat, begitu pula permainannya. Namun, kami kebobolan karena kecerobohan sendiri. Sekarang saatnya kami bersiap untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya," pungkas Tan.

 

3 dari 3 halaman

Tersingkir

Dengan kekalahan ini, Malaysia gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Pencapaian ini serupa dengan yang mereka catat pada Piala AFF 2016.

Sementara Indonesia lolos ke semifinal sebagai juara Grup B. Di semifinal, Asnawi Mangkualam akan melawan tim peringkat kedua Grup A, Singapura.

Leg pertama berlangsung 22 Desember dan leg kedua dimainkan tiga hari kemudian. Kedua laga tersebut akan dimainkan di National Stadium, Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.