Sukses

Statistik Piala AFF 2020: Kantongi 2 Kemenangan Beruntun, Penguasaan Bola Timnas Indonesia Membaik

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia telah mengantongi dua kemenangan dari dua laga penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Kemenangan tersebut diraih ketika skuad Garuda berhadapan dengan pasukan Kamboja dan Laos pada Kamis (9/12/2021) dan Minggu (12/12/2021).

Indonesia menutup laga pertama dengan mengemas empat gol. Meski meraih kemenangan, tim asuhan Shin Tae-yong nampaknya tak bisa meremehkan performa lawan.

Pasalnya, Timnas Kamboja berhasil menciptakan banyak peluang. Angkor Warrior juga aktif menggempur pertahanan tim Garuda pasca turun minum. Skuad besutan Ryu Hirose sukses menjebol gawang Indonesia sebanyak total dua kali.

Di sisi lain, Indonesia tak mengalami kesulitan berarti kala bertemu dengan Timnas Laos. Unggul dalam hal penguasaan bola, Indonesia menang dengan 5–1 berkat gol dari Asnawi Mangkualam ('23), Irfan Jaya ('35), Witan Sulaeman ('56), Ezra Walian ('77), dan Evan Dimas ('84).

Simak gambaran lengkap performa Skuad Garuda menurut statistik di dua pertandingan Grup B Piala AFF 2020 pada halaman selanjutnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Indonesia vs Kamboja

Evan Dimas cs tampil apik sejak awal pertandingan melawan Kamboja. Timnas Indonesia bahkan unggul tiga gol hingga menit ke-33. Sebaliknya, Angkor Warrior nampak kesulitan mengembangkan permainan di babak pertama.

Akan tetapi, situasi berubah usai turun minum. Timnas Kamboja tampil lebih apik berkat masuknya sejumlah pemain berpengalaman. Hal ini juga diakui oleh Ryu Hirose pasca pertandingan. Ia mengungkapkan skuadnya tampil makin baik di babak kedua.

Menang dengan skor 4–2, Indonesia punya sejumlah catatan penting yang harus diperbaiki jika ditinjau dari statistik laga. Pertama, Skuad Garuda kalah dalam hal penguasaan bola. Indonesia hanya mendapatkan 45,2 persen ball possession, di bawah Kamboja yang memiliki 54,8 persen.

Di samping itu, akurasi umpan pasukan Shin Tae-yong juga lebih rendah dibanding Angkor Warrior. Dikutip dari laman resmi statistik AFF Suzuki Cup 2020, pass accuracy Indonesia hanya mencapai 79,9 persen, sementara Kamboja berhasil menyentuh 81,4 persen.

Demikian pula dalam hal serangan. Indonesia masih bermain kurang efektif dengan hanya mampu melancarkan lima tendangan tepat sasaran, kalah dari Kamboja yang memiliki enam tendangan mengarah ke gawang.

3 dari 4 halaman

Indonesia vs Laos

Berbeda dengan laga kontra Kamboja, Indonesia tak memiliki kendala berarti kala berhadapan dengan Timnas Laos. Tak hanya sukses mencatatkan kemenangan, Skuad Garuda juga unggul dalam hal penguasaan bola dengan persentase mencapai 74,1 persen.

Dari segi akurasi umpan, pasukan Shin Tae-yong juga memiliki persentase yang lebih tinggi dibanding Timnas Laos. Indonesia mencatatkan pass accuracy sebesar 86 persen, unggul dari Laos yang hanya mencapai 58,1 persen.

Sayangnya, kemampuan Indonesia untuk mengonversi peluang masih harus menjadi perhatian. Evan Dimas dan kawan-kawan tercatat melepas 23 tembakan sepanjang pertandingan kontra Laos. Akan tetapi, hanya sembilan di antaranya yang mengarah ke gawang, dan lima yang berbuah gol.

4 dari 4 halaman

Pertandingan Selanjutnya

Indonesia selanjutnya harus bertemu dengan Vietnam pada 15 Desember 2021. Menanggapi hal ini, juru taktik timnas Shin Tae-yong mengaku skuadnya tak gentar menghadapi laga ketiga Grup B Piala AFF 2020 tersebut.

Ia tak menampik dominasi Vietnam dalam turnamen ini. Shin pun menyebut lawan Indonesia itu merupakan calon juara tahun ini. Meski demikian, ia percaya anak-anak asuhnya dapat memberikan yang terbaik.

"Kami tidak takut melawan Vietnam. Selama percaya diri, kami bisa melakukan yang terbaik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual di Jakarta.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS