Sukses

Rahmat Erwin Rebut 2 Emas Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021

Rahmat Erwin membawa pulang dua emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 di Uzbekistan.

Liputan6.com, Jakarta- Lifter Rahmat Erwin Abdullah kembali mengharumkan nama Indonesia. Rahmat merebut dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 atau IWF World Championship 2021 di Tashkent, Uzbekistan, Jumat (10/12/2021) malam WIB.

Sayangnya bendera Merah-Putih masih belum bisa dikibarkan saat Rahmat Erwin Abdullah naik podium juara. Sebagai gantinya adalah bendera IWF. Begitu juga dengan lagu kebangsaan Indoensia Raya yang tak bisa dikumandangkan akibat sanksi WADA.

Tampil di kelas 73 Kg, putra dari mantan lifter nasional Erwin Abdullah Dan peraih perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu meraih 2 emas dari angkatan  Clean & Jerk dan Total Angkatan. Di angkatan Snatch, Rahmat gagal meraih medali. 

Medali emas untuk angkatan Snatch diraih lifter asal Albania, Calja Briken yang meraih angkatan terbaik seberat 156Kg, perak diraih lifter Thailand, Jeeram Suttipong (154Kg), serta perunggu diraih lifter Rusia, Sergei Petrov(153Kg). Sedangkan angkatan terbaik Rahmat Erwin Abdullah adalah 151Kg.

Rahmat Erwin Abdullah yang mencoba bangkit berhasil meraih emas pertama pada angkatan Clean & Jerk dengan angkatan seberat 192Kg, perak untuk angkatan ini diraih lifter Albania, Calja Briken (186Kg), dan perunggu diraih lifter Korea Selatan, Jeong Hanson(181Kg). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjuangan

Emas kedua bagi Rahmat Erwin Abdullah diraih dari Total Angkatan seberat 343Kg,  perak diraih lifter Albania, Calja Briken(342Kg), dan perunggu diraih lifter Thailand, Jeeram Suttipong (334Kg). 

Dua emas yang diraih oleh Rahmat Erwin Abdullah menurut Pelatih Kepala Pelatnas, Dirja Wihardja, merupakan konsistensi  preatasinya setelah Olimpiade Tokyo 2021 lalu. 

"Total Angkatan yang diraih Rahmat Erwin Abdullah mengalami peningkatan 1Kg dari Olimpiade Tokyo 2021 lalu, " kata Dirja Wihardja dalam keterangan tertulisnya. 

 

3 dari 3 halaman

Strategi

Saat berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah meraih perunggu dengan Total Angkatan 342Kg(150Kg Snatch serta 190Kg di C&J). 

"Dengan penerapan strategi yang mumpuni tim pelatih yang juga ia dikawal oleh Ayahnya sending, Erwin Abdullah berhasil membawa anaknya menjadi juara Dunia, sehingga tahun ini komplit indonesia memiliki dua juara dunia di dua kategori Junior Rizky Juniasyah dan di senior Rahmat Erwin Abdullah," timpal Kabid Binpres PABSI, Hadi Wihardja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.