Sukses

Piala AFF 2020: Kedatangan Timnas Indonesia Dihantui Munculnya Kasus Omicron di Singapura

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona COVID-19 masih menghantui perhelatan Piala AFF 2020/2021 yang berlangsung di Singapura mulai 5 Desember hingga 1 Januari 2022. Guna mencegah penyebaran, protokol kesehatan telah diberlakukan sejak para peserta tiba di bandara hingga di hotel tempat menginap. 

Tantangan yang dihadapi tuan rumah bertambah seiring munculnya varian baru Omicron. Seperti Straitstimes, pemerintah Singapura telah mendeteksi masuknya virus jenis ini ke negaranya. 

Kedua kasus dibawa oleh dua pendatang yang baru tiba dari luar negeri. Mereka kemudian langsung diisolasi setibanya di Singapura dan tidak diizinkan untuk beinteraksi dengan siapapun. 

"Saat ini tidak ada bukti penularan komunitas dari kasus-kasus ini," bunyi pernyataan otoritas kesehatan Singpura, MOH, Kamis (2/12/2021). 

Kementerian menambahkan, kedua pasien dalam pemulihan di bangsal isolasi di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular. Mereka telah divaksinasi lengkap dan bergejala ringan batuk dan tenggorokan gatal.

Penemuan varian baru Omicron di Singapura sejauh ini belum berdampak langsung bagi penyelenggaraan Piala AFF 2020/2021. Sebagian peserta bahkan sudah berdatangan ke Singapura. 

Timnas Indonesia yang akan bergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos, juga sudah tiba, Kamis malam (2/12/2021). Seperti dilansir dari situs PSSI, pasukan Shin Tae-yong langsung disambut protokol kesehatan yang ketat sejak menginjakkan kaki di bandara Changi.  

 

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan Ketat

Timnas Indonesia mendarat di Singapura pada pukul 17.30 waktu setempat. Skuad Garuda melakukan perjalanan selama kurang lebih 15 jam dari Antalya, Turki.

Begitu tiba di Bandara Changi, Singapura seluruh pemain dan ofisial melakukan swab test PCR. Setelah itu, penggawa Garuda menuju ke hotel untuk beristirahat dan menunggu hasil swab test PCR. 

"Alhamdulillah kami sudah tiba di Singapura setelah perjalanan panjang dari Turki. Kondisi saya dan teman-teman sudah siap untuk melakukan persiapan menghadapi Piala AFF 2020," kata Evan Dimas.

Terkait cuaca, pada hari ini kondisi Singapura cukup baik. Selama di negeri Singapura, skuad Garuda menginap di Hotel Orchard, Singapura.

 

 

3 dari 3 halaman

Kondisi Siap Tempur

Indonesia akan melawan Kamboja pada laga perdana Piala AFF 2020 tanggal 9 Desember mendatang. Setelah itu melawan Laos 12 Desember, Vietnam 15 Desember, dan Malaysia 19 Desember. Skuad Garuda pun mengusung misi juara di ajang ini.

Skuad Garuda direncanakan akan memulai latihan di Singapura (3/12) besok. Saat ini seluruh pemain dalam kondisi oke dan siap bermain di ajang bergengsi negara-negara Asia Tenggara tersebut.

 

  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF 2020
  • Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF adalah kompetisi sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara yang digelar dua tahun sekali
    Piala AFF
  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Timnas Indonesia
  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    varian omicron
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • Varian Omicorn