Sukses

150 Peserta Ikut Tour de Borobudur 2021, Dipimpin Ganjar dan Gibran

Tour de Borobudur 2021 dimulai dari kota Solo. Ganjar dan Gibran ikutan balap sepeda.

Liputan6.com, Jakarta- Kegiatan bersepeda terbesar di Jawa Tengah, Bank Jateng Tour de Borobudur 2021 kembali diadakan pada Sabtu (6/11/2021). Event ke-21 yang digagas komunitas balap sepeda Semarang Bicycle Association (Samba) bekerja sama dengan Bank Jateng tersebut kali ini dimulai di kota Solo. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka serta Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno ikut serta bersama 150 peserta bersepeda sejauh 120 Km membelah alam Jawa Tengah menuju Candi Pawon dan Candi Borobudur.

Tour de Borobudur edisi kali ini mengambil tema 'Saya sudah divaksin'. Tema ini dipilih karena setiap peserta telah menjalani swab antigen dan telah menjalani vaksinasi lengkap. 

Start Tour de Borobudur 2021 dimulai pukul 06.00 Wib di halaman Benteng Vastenburg, Solo dan dilepas Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

Dalam sambutannya, Ganjar berpesan agar para peserta tetap menjaga protokol kesehatan hingga digaris finish. Para peserta akan diajak melewati sejumlah obyek wisata seperti Pelataran Candi Sewu, Agribisnis Tempel, Candi Prambanan, Candi Borobubudur dan Candi Pawon.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Berat

"Rutenya sangat indah ya meskipun tantangannya berat. Kita akan melalui jalur pedesaan. Saya aja deg-degan ini," kata Ganjar sebelum start.

Ganjar pun berharap kegiatan ini mengawali persiapan pembukaan obyek wisata di Jawa Tengah seiring menurunnya angka Covid-19.

Sementara itu, ketua panitia Bank Jateng Tour de Borobudur 2021, Hendra Dharmanto menyebut rute bersepeda kali ini merupakan rute baru dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Rencana di tahun ini Tour de Borobudur akan digelar sebanyak lima seri. 

"Hari ini seri pertama ya. 150 peserta dan semua sudah divaksin. Selain tempat wisata. Disetiap titik juga akan ada hiburan kesenian. Kita juga melibatkan desa-desa wisata," tandas Hendra.

3 dari 3 halaman

Seri Berikutnya

Setelah seri pertama,  Tour de Borobudur di seri kedua nanti juga akan digelar balap sepeda yang melibatkan atlet-atlet sepeda tanah air. Uniknya rute yang dilalui pun merupakan jalur pedesaan dan pegunungan yang menyugukan pemandangan keindahan alam. Start akan dimulai dari Candi Borobudur menuju Nepal Van Java

"Besok pagi langsung lanjut seri 2. 100 peserta akan adu cepat dari Borobudur menuju Nepal Van Java. Sementara 3 seri sisanya akan digelar bulan ini," tutup Hendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.