Sukses

Tujuan Permainan Bola Basket dan Sederet Manfaat Baik bagi Tubuh

Simak sederet tujuan dan manfaat permainan bola basket yang amat positif bagi jiwa dan raga

Liputan6.com, Jakarta - Bola basket adalah olahraga berkelompok yang digemari seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia begitu akrab dengan olahraga yang berasal dari Amerika Serikat ini.

Permainan bola basket dapat dilakukan di lapangan terbuka (outdoor) dan di ruangan tertutup (indoor). Terdiri dari dua tim yang saling berhadapan, masing-masing tim memiliki pemain yang berjumlah lima orang.

Posisi utama dalam permainan bola basket terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah forward, bertugas untuk mencetak poin sebanyak mungkin ke dalam ring lawan. Kedua adalah defense, bertugas untuk mencegah lawan mencetak poin. Ketiga adalah playmaker, bertugas untuk merancang strategi dan mengatur tempo permainan.

Biasanya permainan bola basket dilakukan di lapangan berukuran 28,5 x 15 meter. Dimainkan dalam empat babak, setiap babak umumnya memiliki waktu permainan hingga 10 menit dan jeda waktu istirahat yang serupa.

Tujuan permainan bola basket sangat beragam. Utamanya adalah menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kekuatan fisik agar selalu berada dalam kondisi prima.

Namun, tujuan permainan bola basket tak semata-mata hanya untuk kesehatan. Berikut segudang tujuan dan manfaat permainan bola basket yang dapat Anda saksikan di halaman selanjutnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan Permainan Bola Basket

Olahraga memang menjadi rutinitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat, bugar, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tapi, tahukah Anda bahwa olahraga tidak hanya sebatas menyehatkan tubuh saja. Beragam hal positif dapat ditemukan dari aktivitas berolahraga, salah satunya dalam permainan bola basket.

Tujuan permainan bola basket selain untuk kesehatan adalah melatih emosi dan mental di dalam tubuh. Permainan bola basket mengajarkan tentang kesabaran serta waktu yang pas untuk melakukan tindakan.

Hal ini dibuktikan dengan adanya ribuan strategi dalam permainan bola basket. Mulai dari strategi penyerangan, bertahan, hingga mengetahui momen untuk memanfaatkan peluang yang ada di sekitar.

Selain itu, permainan bola basket juga melatih kepercayaan diri seseorang dan melatih komunikasi antar individu. Tanpa adanya rasa percaya diri yang kuat, seorang pemain tidak akan bisa untuk mengeluarkan permainan terbaik yang dimiliki dan tentunya sangat merugikan tim yang dbela.

Sementara, tanpa adanya komunikasi yang baik antara rekan satu tim, maka sudah dipastikan strategi yang dimiliki tidak dapat berjalan sesuai rencana. Sebab, kunci utama dalam permainan bola basket adalah bekerja sama sebagai tim untuk meraih kemenangan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Permainan Bola Basket

Dalam buku Basket Olahraga yang Menguji Daya Tahan Tubuh (2019) karya Riswan Widiarto menyatakan, permainan bola basket memiliki banyak manfaat bila dilakukan secara rutin, yakni:

Memiliki Sikap Pantang Menyerah

Meski tujuan dari permainan bola basket adalah meraih angka dengan cara memasukkan bola ke dalam ring, tetapi hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Perlu teknik serta kemampuan yang mumpuni untuk memasukkan bola ke dalam ring.

Sehingga, berlatih secara konsisten menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk meningkatkan kemampuannya dalam bermain basket. Alhasil, lambat laun sikap pantang menyerah akan muncul dari diri seseorang. Sebab, butuh puluhan hingga ratusan kali latihan agar bisa memasukkan bola basket ke dalam ring dengan sempurna.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seiring latihannya yang ditempuh, fisik seorang pemain bola basket akan terbentuk. Otot, tulang, hingga peredaran darah menjadi salah satu bagian tubuh yang mendapatkan dampak positif dari aktivitas olahraga ini.

Jadi, secara tidak langsung daya tahan tubuh seseorang akan meningkat seiring dengan porsi latihan yang dilakoni. Apalagi, bila memiliki jadwal latihan yang terstruktur, otomatis daya tahan tubuh akan terjaga sepanjang waktu.

Mampu Membaca Situasi dan Berpikir Cepat

Dalam permainan bola basket, seluruh pemain yang ada di lapangan dituntut untuk berpikir cepat. Sebab, pemain bola basket hanya diberikan waktu maksimal 5 detik untuk menggenggam bola. Alhasil, para pemain bola basket dituntut untuk berpikir cepat dalam situasi apapun.

Sehingga, ketika menjalan aktivitas sehari-hari, para pemain basket sudah terbiasa untuk membaca situasi sekitar dalam waktu cepat. Apalagi bila harus membuat sebuah keputusan, bisa jadi para pemain basket ini lebih cepat dalam pengambilan keputusan dibanding rekannya yang lain.

Fokus Terhadap Satu Tujuan

Fokus utama dalam permainan bola basket adalah memasukkan bola sebanyak mungkin ke dalam ring rawan dan mencegah lawan memasukkan bola ke dalam ring sendiri. Jadi, para pemain bola basket harus benar-benar mendengarkan instruksi dari sang pelatih agar memiliki tujuan yang serupa, yakni kemenangan.

Dengan begitu, permainan bola basket mengajarkan bahwa dalam menjalani kehidupan harus fokus terhadap satu tujuan. Sebab, dengan fokus terhadap satu hal, kemungkinan keberhasilan yang dimiliki akan lebih besar.

Memiliki Banyak Relasi

Permainan bola basket tidak hanya dilakukan dengan teman satu lingkungan, misalnya sekolah, rumah, kantor, dan lain-lain. Namun, dapat dilakukan dengan pecinta bola basket yang berada jauh dari lingkungan sekitar.

Misalnya, dengan melakukan pertandingan antar sekolah atau mengikuti kompetisi resmi antar klub. Sehingga, akan ada banyak orang baru yang ditemui dan tentunya dapat menjadi relasi baru ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.