Sukses

Shakhtar Donetsk vs Real Madrid: Hantu Olympiyskiy dan Ancaman Kekalahan Ketiga Beruntun

Liputan6.com, Donetsk- Real Madrid tidak menjalani fase grup yang mulus di Liga Champions. Meski diunggulkan, Madrid dikejutkan lewat kekalahan dari tim asal Moldova, Sheriff Tiraspol 1-2.

Madrid tentu ogah mengulangi hasil buruk ini saat bertandang ke markas Shakhtar Donetsk, stadion Olympiyskiy. Namun masalahnya, Shakhtar Donetsk kerap jadi mimpi buruk untuk Los Blancos.

Dari dua pertemuan terakhir, Madrid selalu kalah dari Shakhtar Donetsk. Madrid tentu berusaha mencegah agar kekalahan ini tak berlanjut menjadi kekalahan ketiga beruntun.

Dari sejarahnya di Piala atau Liga Champions, Madrid hanya bisa dikalahkan tiga kali beruntun oleh empat klub saja. Empat klub tersebut yaitu Ajax Amsterdam, Bayern Munchen, Liverpool dan Juventus.

Apakah Shakhtar Donetsk bakal jadi kelima yang mempermalukan Madrid?

 

2 dari 4 halaman

Kekalahan Madrid

 

Kembali ke sejarah Madrid di Liga Champions, tak hanya dipenuhi kisah kehebatan mereka yang sudah meraih 13 kali trofi juara. Namun ada juga kekalahan memalukan yang harus diterima dari lawan yang sama.

Ajax Amsterdam menjadi klub pertama yang pernah mengalahkan Madrid tiga kali beruntun. Dua laga terjadi di semifinal Liga Champions 1973 dan kekalahan ketiga terjadi di fase grup Liga Champions 1995.

 

3 dari 4 halaman

Hantu Muenchen

 

Munchen juga menjadi klub yang kerap hantui Madrid. Munchen mengalahkan Madrid di dua leg semifinal Liga Champions musim 2000-2001 dan perempat final Liga Champions di musim berikutnya.

Sedangkan Liverpool pertama kali kalahkan Madrid di final Liga Champions 1981. Kemenangan kedua terjadi pada babak 16 besar Liga Champions musim 2009 dimana Liverpool menang di kedua laga.

Sementara itu, Juventus juga menjadi klub yang sering hadang laju Madrid. Juventus pernah kalahkan Madrid di 17 besar Liga Champions 2004-2005 dan juga fase grup musim 2008-2009.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga