Sukses

Thomas Cup 2021: Antar Indonesia ke Final, Fajar / Rian Ungkap Kuncinya

Bermain lepas dan menikmati pertandingan menjadi kunci Fajar / Rian untuk membantu Indonesia menang atas Denmark di semifinal Thomas Cup.

Liputan6.com, Aarhus - Indonesia lolos ke final Thomas Cup 2021. Tim bulu tangkis putra Merah Putih mengalahkan tuan rumah Denmark 3-1 untuk merebut tiket partai puncak di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu, 16 Oktober.

Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto menjadi penentu kemenangan Indonesia di semifinal Thomas Cup. Ganda putra peringkat tujuh dunia itu mengalahkan pasangan racikan baru Denmark Mathias Christiansen / Frederik Sogaard.

Dalam waktu 38 menit, Fajar / Rian menang 21-14 dan 21-14. "Saya bersyukur bisa mengantarkan Indonesia ke final Piala Thomas. Tadi kami bermain lebih lepas dan sangat menikmati pertandingan," kata Fajar setelah pertandingan seperti dikutip dari rilis PP PBSI.

Hal senada dikatakan Rian. "Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan. Kemenangan ini begitu berarti karena bisa mengantarkan Indonesia ke final," ucap atlet badminton berusia 25 tahun tersebut.

"Sangat berarti sekali bagi kami, apalagi ini adalah event beregu terbesar."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin buat sejarah

Diakui oleh Fajar, motivasinya begitu besar untuk membuat sejarah di pentas Piala Thomas yang sejak kecil dia impi-impikan. Kini, pebulu tangkis berusia 26 tahun bisa menjadi bagian dari sejarah tersebut.

"Dulu saya bercita-cita bisa masuk ke Piala Thomas. Sekarang saya bisa masuk tim dan ikut menyumbangkan angka kemenangan Indonesia," ucap Fajar.

Menurut Rian, setiap dipercaya turun bertanding, dirinya akan total untuk tampil maksimal. Tidak terkecuali saat menghadapi Christiansen/Sogaard yang didukung penuh penonton.

"Saat dipercaya turun sebagai ganda kedua, kami akhirnya bisa memaksimalkan penampilan dengan memberikan hasil terbaik. Kemenangan ini paling tidak bisa membawa Indonesia ke jajaran paling tinggi," tutur Rian.

3 dari 4 halaman

Jonatan Christie

Fajar mengakui kemenangan Jonatan Christie pada partai ketiga atas Anders Antonsen ikut mendongkrak performanya di lapangan. Mereka bisa nyaman bermain dan tampil makin percaya diri.

"Kemenangan Jojo (sapaan Jonatan Christie) sebelumnya, membuat performa saya bersama Rian lebih nyaman. Keunggulan Indonesia 2-1 atas Denmark itu makin menambah kepercayaan diri untuk menuntaskan dengan kemenangan," pungkas Fajar.

 

4 dari 4 halaman

Hasil pertandingan

Indonesia vs Denmark (3-1)

Athony Sinisuka Ginting vs Viktor Axelsen 9-21, 15-21

Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Kim Astrup / Anders Skaarup Rasmus 21-13, 10-21, 21-15

Jonatan Christie vs Anders Antonsen 25-23, 15-21, 21-16

Fajar Alfian / Mohammad Rian Ardianto vs Mathias Christiansen / Frederik Sogaard 21-14, 21-14

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.