Sukses

PON XX Papua Resmi Ditutup, Wakil Presiden Ma’ruf Amin Beri Apresiasi bagi Tuan Rumah

PON XX Papua 2021 resmi ditutup di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021) sore WIB. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menyampaikan apresiasinya atas dedikasi kontingen tuan rumah dan seluruh warga Papua

Liputan6.com, Jakarta Setelah sempat tertunda selama setahun, PON XX Papua 2021 resmi bergulir dan ditutup dengan meriah di Stadion Lukas Enembe pada Jumat (15/10/2021). Ajang olahraga nasional tersebut dihadiri oleh 34 kontingen dari 34 provinsi di Indonesia.

Sebelumnya, dalam acara pembukaan PON, Ketua Umum KONI Pusat Letjen (Purn.) Marciano Norman menyebutkan terdapat 6.116 atlet tamu dan 923 atlet tuan rumah yang berlaga memperebutkan medali dari 37 cabang olahraga, 56 disiplin, dan 681 nomor pertandingan di PON Papua.

Adapun, Papua jadi salah satu kontingen yang sukses mencatatkan prestasi membanggakan dalam PON edisi kali ini. Tak hanya menjadi tuan rumah, Papua juga berhasil finis di posisi keempat klasemen akhir dengan perolehan 93 emas, 66 perak, dan 102 perunggu.

Capaian ini merupakan peningkatan pesat bagi kontingen Papua. Pasalnya, pada PON edisi 2016, Papua hanya berhasil finis di posisi delapan klasemen. Terkait prestasi ini, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi bagi tim tuan rumah.

“Saya sampaikan selamat atas melonjaknya prestasi tim Papua yang berhasil memperoleh 93 medali emas dan menduduki peringkat empat (klasemen). Ini menunjukkan bahwa Papua telah menjadi kekuatan elit olahraga nasional,” ujar Wakil Presiden RI di acara penutupan PON XX Papua 2021, Jumat (15/10/2021) sore WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlangsung Sukses

Tak hanya soal prestasi, Ma’ruf Amin juga menyoroti ketangguhan pemerintah daerah dan warga Papua dalam menyelenggarakan ajang olahraga multievent empat tahunan ini. Meski pertama kali berlangsung di Tanah Papua, Wakil Presiden menilai gelaran PON XX 2021 telah berjalan dengan sukses.

“Sejarah akan mencatat bahwa PON, yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di Tanah Papua, berlangsung dengan sukses. Saya bangga dan terharu atas tekad dan dedikasi tinggi dari pemerintah serta masyarakat Papua yang bahu-membahu yang menyelenggarakan PON kali ini,” tutur Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

3 dari 4 halaman

Bukti Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Lebih lanjut, Ma’ruf Amin menilai kesuksesan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 merupakan bukti persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, pihaknya berharap keberhasilan tersebut akan diteruskan dalam Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021 di Papua.

“Kesuksesan penyelenggaraan PON XX di Papua tahun 2021 ini mencerminkan kuatnya persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Di sini kita sekali lagi membuktikan bahwa solidaritas, sportivitas, persatuan, dan kesatuan, merupakan kunci kesuksesan bersama.”

“Saya berharap, keberhasilan penyelenggaraan PON XX ini dapat dilanjutkan dengan keberhasilan penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional di Papua, yang direncanakan akan dimulai pada November 2021,” sambung Wakil Presiden.

4 dari 4 halaman

Juara Umum PON XX Papua

Adapun, kontingen Jawa Barat sukses keluar sebagai juara umum PON XX Papua 2021. Kontingen ini tercatat mendulang 353 medali, yang terdiri atas 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta dan Jawa Timur menyusul di posisi kedua dan ketiga dengan raihan 301 dan 287 medali.

Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan ucapan selamat bagi para atlet yang berlaga di PON XX Papua 2021. Beliau berharap para atlet dapat melanjutkan prestasinya di berbagai kompetisi nasional dan internasional.

“Bagi para atlet peraih medali, baik itu emas, perak, atau perunggu, saya ucapkan selamat atas prestasi yang teman-teman raih di Tanah Papua ini. Saya berharap, kalian dapat meraih banyak medali lagi di berbagai kompetisi, terutama di (kancah) nasional dan internasional,” ungkap Gubernur Papua dalam acara penutupan PON XX Papua 2021, Jumat (15/10/2021).

“Bagi teman-teman atlet yang belum berhasil meraih medali, ingatlah bahwa kegagalan bukanlah lawan dari keberhasilan, tetapi itu adalah bagian dari proses keberhasilan,” sambungnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.