Sukses

Pulang ke Old Trafford, Ronaldo Bikin Harga Saham MU Meningkat Pesat

Nilai saham MU dalam beberapa waktu meningkat pesat, hal ini dinilai merupakan efek dari kepulangan Ronaldo ke Old Trafford

Liputan6.com, Jakarta- Kembalinya legenda sepak bola Cristiano Ronaldo ke MU telah berdampak positif bagi perkembangan klub. Tak hanya sukses menambah daftar gol Setan Merah, Ronaldo juga berhasil menaikkan harga saham klub sejak kepulangannya pada Agustus lalu.

MU diketahui resmi mendatangkan Ronaldo dari Juventus pada hari tenggat jendela transfer musim panas kemarin. Meski demikian, kesepakatan Ronaldo dan MU telah diumumkan empat hari sebelumnya, yakni pada 27 Agustus 2021.

Melansir TribalFootball, Ronaldo dan para penggemar yang kembali ke Old Trafford berhasil menambah nilai saham pada Manchester United sebesar 550 juta poundsterling hanya dalam waktu 54 hari.

Menurut laporan The Sun, harga saham MU sempat mengalami penurunan menjadi 11,70 poundsterling pada 4 Agustus dengan nilai pasar klub sebesar 1,91 miliar poundsterling. Akan tetapi, nilai tersebut meningkat pada 26 Agustus menjadi 12,72 poundsterling dan 2,08 miliar poundsterling.

Adapun, 24 jam setelah keluarnya berita mengejutkan soal kepulangan Ronaldo ke Old Trafford, harga saham MU kembali meroket hingga 13,46 poundsterling dan nilai pasar menjadi 2,19 miliar poundsterling.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Meningkat 29 Persen

Dikutip dari The Sun, sejak 4 Agustus hingga 27 September, peningkatan saham MU secara keseluruhan mencapai 29 persen. Jika dihitung dalam tiga minggu terakhir, nilai tersebut naik 11 persen, disertai laporan keuangan klub yang relatif positif.

Ahli keuangan sepak bola menilai terdapat alasan penting lain, di samping kembalinya Ronaldo dan para fans, yang mendorong peningkatan saham MU selama beberapa waktu terakhir.

“Pasar selalu berpikiran maju. Manchester United berada di Liga Champions musim ini dan kemungkinan akan kembali lagi musim depan. Mereka juga telah menandatangani lebih banyak kesepakatan komersial,” ujar seorang pengamat yang enggan disebutkan namanya, seperti dilansir dari The Sun.

3 dari 4 halaman

Reaksi Emosional

Lebih lanjut, pengamat tersebut menilai penandatanganan Ronaldo sejatinya hanya memiliki dampak kecil pada kondisi saham MU saat ini.

“Penandatanganan Cristiano Ronaldo memiliki dampak yang relatif kecil. Ada reaksi emosional. (Sementara itu) masalah penjualan kaus terlalu dibesar-besarkan. United biasanya menjual sekitar tiga juta kaus per tahun,” sambung pengamat, dikutip dari The Sun.

4 dari 4 halaman

Pandangan Lain

Di sisi lain, Pakar Keuangan Sepak Bola Universitas Sheffield Hallam, Rob Wilson, memiliki pandangan berbeda. Ia percaya efek kepulangan Ronaldo adalah alasan utama kenaikan nilai yang dialami MU baru-baru ini.

“Harga saham naik karena berbagai alasan, tetapi terutama disebabkan oleh kinerja yang lebih kuat dari yang diharapkan dalam menghadapi Covid, dan tentu saja penandatanganan (kontrak) Cristiano Ronaldo,” tuturnya kepada SunSport seperti dilansir dari The Sun.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.
    Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepak bola asal Portugal. Ronaldo kini bergabung dengan tim Real Madrid.

    Cristiano Ronaldo

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Old Trafford