Sukses

Banding Ditolak, Klub-Klub La Liga Spanyol Terpaksa Lepas Pemain Internasional ke Kualifikasi Piala Dunia

Setelah bandingnya ditolak CAS, klub-klub La Liga Spanyol terpaksa lepas pemain mereka ke Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Madrid - Sejumlah klub La Liga Spanyol, termasuk Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid terpaksa melepas pemain mereka ke tim nasionalnya masing-masing. Ini terkait kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan pada September 2021.

La Liga telah mengajukan banding terhadap masa perpanjangan waktu selama dua hari menuju kualifikasi. Namun, upaya tersebut ditolak oleh CAS (Pengadilan Arbitrase Olahrga).

Ini artinya para pemain yang membela negaranya di kualifikasi Piala Dunia 2022 tidak bisa bermain untuk klubnya ketika Liga Spanyol melanjutkan pertandingan pada 11 September.

Sebelumnya telah diumumkan bahwa ini adalah pertandingan kualifikasi yang seharusnya dilaksanakan pada Maret lalu. Namun karena pandemi Covid-19 pertandingan terpaksa mundur hingga September.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Keamanan

Alasan keamanan menjadi faktor utama FIFA dalam membuat keputusan tersebut. Namun seperti dilansir Reuteurs, La Liga mengkritik keputusan CAS. Mereka menyebut ini adalah upaya FIFA dalam mencampuri urusan liga otonom.

Berbeda dengan Liga Inggris, mereka lebih memilih untuk melarang para pemain asal Amerika Selatan untuk bermain di kualifikasi. Striker Manchester United Edison Cavani menjadi korban atas keputusan tersebut.

3 dari 3 halaman

Perubahan Jadwal

La Liga merespon keputusan yang telah ditentukan itu dengan menggeser jadwal pertandingan di akhir pekan.

Perubahan jadwal tersebut memungkinkan pemain yang terlibat dalam kualifikasi piala dunia untuk bisa bermain bersama klubnya.

Bukan tanpa masalah, perubahan itu akan menyebabkan lebih banyak gangguan terhadap pertandingan mereka di Liga Champions.

 

sumber: Reuteurs

Penulis: Ali Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.