Sukses

Survei: Fans Liverpool Dinobatkan sebagai Pencipta Atmosfer Terbaik di Liga Inggris

Fans Liverpool disebut sebagai pendukung yang mampu menciptakan atmosfer terbaik di stadion berdasarkan hasil survei dari YouGov.

Liputan6.com, Jakarta - Fans Liverpool dinobatkan sebagai pendukung yang mampu menciptakan atmosfer terbaik dalam Liga Inggris, baik di kandang sendiri maupun lawan. Hal ini terungkap melalui survei yang dilaksanakan oleh perusahaan riset berbasis internet di Inggris, YouGov.

Melansir talkSPORT, survei dilakukan dengan mengumpulkan data dari 1.003 suporter sepak bola Liga Inggris sehingga hasilnya dipercaya akurat dan representatif. Hasil survei menunujukkan suporter Liverpool piawai menciptakan atmosfer.

Pengaruh atmosfer penonton dalam pertandingan memang tak dapat diremehkan. Selama ini Stadion Anfield terkenal akan atmosfer pendukung yang mampu memekakkan telinga, terutama pada laga-laga besar.

Sayangn pandemi COvid-19 membuat stadion tersebut tak terlihat seperti biasanya. Hal inilah yang mungkin menjadi salah satu faktor penyebab buruknya penampilan Liverpool pada musim lalu.

Dikutip dari talkSPORT, pasukan Jurgen Klopp tercatat kalah enam pertandingan beruntun di Anfield pada Liga Inggris. Hal ini merupakan sesuatu yang hampir tak pernah terjadi sepanjang sejarah. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembalinya Suporter

Meski demikian, Liga Inggris musim ini bakal kembali dihiasi semarak penonton. Laga pembuka antara Brentford melawan Arsenal, yang berlangsung Sabtu (14/8/2021) dini hari WIB, akan menandai kembalinya suporter ke stadion untuk pertama kali sejak Maret 2020.

3 dari 4 halaman

Peringkat Kedua hingga Kelima

Di sisi lain, penggemar Manchester United berada di posisi kedua dalam daftar pencipta atmosfer terbaik. Tak heran jika MU bertengger di posisi tersebut. Melansir talkSPORT, Old Trafford memang memiliki kapasitas suporter terbesar di divisi dengan daya tampung mencapai 76.000 orang.

Theatre of Dreams juga dikenal sebagai benteng mutlak yang sulit dikunjungi lawan ketika berada di bawah Sir Alex Fergusson. Oleh karena itu, para penggemar diharapkan dapat memainkan peran besar dalam mengembalikan predikat Old Trafford musim ini.

Adapun posisi ketiga dan keempat diisi oleh penggemar Newcastle dan Leeds United. Kedua klub disebut memiliki pendukung yang sangat bersemangat. Sementara itu, pendukung Chelsea harus puas berada pada posisi keenam, di bawah Crystal Palace yang menempati peringkat lima.

4 dari 4 halaman

Urutan Lengkap

Berikut merupakan urutan fans klub Liga Premier yang menempati posisi pertama hingga ke-20 dalam hal menciptakan atmosfer terbaik di stadion.

  1. Liverpool
  2. Manchester United
  3. Newcastle
  4. Leeds
  5. Crystal Palace
  6. Chelsea
  7. Aston Villa
  8. West Ham
  9. Everton
  10. Manchester City
  11. Tottenham Hotspur
  12. Arsenal
  13. Leicester
  14. Wolves
  15. Norwich
  16. Brighton
  17. Brentford
  18. Southampton
  19. Burnley
  20. Watford

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Premier

  • Anfield

  • Jurgen Klopp