Sukses

Pelatih Warriors Dukung Keinginan Stephen Curry Tampil Perdana di Olimpiade Paris 2024

Stephen Curry batal tampil di Olimpiade Tokyo 2020 karena fokus mempersiapkan diri menghadapi musim baru NBA.

Liputan6.com, Jakarta Pemain andalan Golden State Warriors, Stephen Curry berniat tampil bersama timnas Amerika pada Olimpiade Paris 2024 mendatang. Pelatih Warriors, Steve Kerr sangat menantikan hal itu terjadi. 

Timnas Amerika Serikat kembali berhasil merebut medali emas dari cabang bola basket pada Olimpiade Tokyo 2020. Ini sekaligus memperpanjang hegemoni Negeri Paman Sam di ajang multicabang empat tahunan itu. AS tercatat telah mempertahankan medali emas bola basket dalam empat edisi beruntun.

Namun belum sekalipun Curry berperan dalam kesuksesan tersebut. Padahal kiprahnya di ajang NBA tidak perlu diragukan lagi. Curry dua kali jadi MVP dan tiga kali  juara bersama Golden State Warrior.

Seperti dilansir dari AS, Curry berpeluang mengakhiri masa penantian ini pada Olimpiade Paris 2024 saat usia pemain yang berposisi sebagai point guard itu mencapai 36 tahun. Kerr yang juga ikut antusias menganggap medali Olimpiade menjadi kepingan gelar terakhir Curry yang belum tercapai.

"Saya pikir saya bahkan tidak perlu menasihati Steph tentang semua itu. Karena dia telah melalui pengalaman Piala Dunia setidaknya sekali, atau dua kali, jika saya tidak salah. Jadi dia berkompetisi di level tertinggi internasional," kata Kerr kepada The Athletic.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepingan Gelar Terakhir

"Olimpiade mungkin satu-satunya yang tersisa dalam daftar prestasi bola basketnya. Dia mencapai segalanya. Saya pikir itu akan bagus jika dia tertarik pada 2024. Saya pikir itu akan menjadi hal yang bagus untuk dia kejar jika dia ingin melakukannya," Kerr menambahkan. 

Curry sebenarnya sudah dua kali memperkuat timnas AS di Piala Dunia Basket FIBA. Pada tahun 2010, AS berhasil merebut emas di Turki dan mempertahankannya di Spanyol empat tahun kemudian. 

Curry sendiri bukan satu-satunya pemain NBA yang belum pernah tampil di Olimpiade. Isiah Thomas yang sudah 12 kali masuk dalam tim All-Star dan legenda Chicago Bulls Dennis Rodman juga sama.  

 

3 dari 3 halaman

Perjalanan Olimpiade Curry

Pada Olimpiade London 2012 nama Curry sama sekali tidak masuk dalam daftar pemain yang diproyeksikan untuk timnas AS. Sementara pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Curry tidak bisa tampil karena cedera engkel. Sementara pada Olimpiade Tokyo 2020, Curry memutuskan tidak ikut ambil bagian karena ingin fokus mempersiapkan diri di tengah mepetnya waktu jeda NBA. 

Selain Curry, pemain andalan Brooklyn Nets, James Harden dan bintang La Lakers, LeBron James juga tidak ikut memperkuat timnas AS di Olimpiade Tokyo 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.