Sukses

Olimpiade Tokyo 2020 : Sabar, Kunci Kemenangan Greysia / Apriyani atas Ganda Putri Nomor Satu Dunia

Pasangan Indonesia Greysia Polii / Apriyani Rahayu mengalahkan ganda putri nomor satu dunia asal Jepang Yuki Fukushima / Sayaka Hirita di laga terakhir Grup A Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Jakarta Greysia Polii / Apriyani Rahayu memuncaki klasemen akhir Grup A cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020. Hasil ini didapat setelah pasangan Indonesia ini menumbangkan ganda putri nomor satu dunia asal Jepang Yuki Fukushima / Sayaka Hirota.

Bermain di Mushashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Selasa (27/7/2021) pagi WIB, Greysia / Apriyani bertanding selama satu jam 24 menit. Juara Thailand Open 2021 ini menang 24-22, 13-21, dan 21-8.

Kemenangan ini menyempurnakan langkah Greysia / Apriyani ke perempat final Olimpiade Tokyo 2020. Sementara Yuki / Sayaka tetap lolos kedelapan besar dengan status runner up Grup A.

Pelatih Eng Hian mengungkapkan permainan sabar menjadi kunci kemenangan Greysia / Apriyani atas Yuki / Sayaka. Selain itu, kondisi unggulan pertama Olimpiade Tokyo 2020 ini juga tidak fit 100 persen.

Sayaka mengalami cedera ACL di lutut kanan. Atlet berusia 26 tahun itu harus memakai penyangga sepanjang pertandingan sehingga benar-benar dimanfaatkan Greysia / Apriyani.

Saksikan Video Olimpiade Tokyo di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar pelatih

"Saya melihat Greys / Apri bermain normal saja, hari ini lawan mereka underperform karena kita semua tahu kondisi pasangan Jepang seperti apa," kata Eng Hian usai pertandingan di Tokyo seperti dikutip dari rilis PBSI yang diterima Liputan6.com.

"Di dua laga sebelumnya juga saya melihat lawan Greys / Apri bermain tidak normal seperti ada ketegangan."

"Untuk perempat final, saya fokus ke penjagaan kondisi saja, menjaga kebugaran fisik dan teknik. Juga menjaga supaya tetap rileks dan kontrol ekspektasi. Perjalanan masih panjang," tutur Eng Hian lagi.

 

3 dari 4 halaman

Bukan fokus utama

Memuncaki klasemen Grup A ternyata bukan fokus utama Greysia / Apriyani. Pasangan nomor enam dunia ini hanya ingin lolos ke perempatfinal.

"Puji Tuhan hari ini kami bisa menang. Kami tidak terlalu memikirkan itu (keluar sebagai juara grup A). Kami hanya ingin lolos ke perempat final dan kami masih mengeluarkan 100% kemampuan kami tadi," kata Greys.

"Tapi, kami bersyukur akhirnya bisa jadi juara grup. Sekarang tinggal menanti siapa lawan kami selanjutnya," lanjutnya.

Laga perempatfinal ganda putri akan digelar Kamis, 29 Juli 2021, dengan undiannya dilangsungkan malam ini.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.