Sukses

Olimpiade Tokyo 2020 : Lalu Muhammad Zohri Diharapkan Berlari Sekencang Gundala

Lalu Muhammad Zohri diharapkan bisa berlari sekencang Gundala dan mendulang prestasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Liputan6.com, Tokyo - Lalu Muhammad Zohri, atlet Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020, sudah tiba di Bandar Udara Narita, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Ia tiba bersama dengan Alvin Tehupeiory, yang juga merupakan sprinter andalan Merah Putih.

Lalu Muhammad Zohri dan Alvin adalah kloter terakhir dari delegasi tim Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020. Mereka didampingi dua pelatih, Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono, Deputi Chef de Mission (CdM) untuk Olimpiade Tokyo, anggota Komite Eksekutif NOC Indonesia, dan dua orang tim pendukung.

Kedatangan mereka disambut Wakil Duta Besar Republik Indonesia Tri Purnajaya. "Zohri dan Alvin sudah tiba di Tokyo hari ini. Semoga nantinya bisa berlari sekencang Gundala dan mendulang prestasi di Olimpiade Tokyo 2020!" kata Purnajaya.

Gundala adalah tokoh komik Indonesia dengan kekuatan bisa berlari sangat cepat.

Saat tiba di Narita, Zohri dan Alvin serta rombongan telah menjalani tes PCR dengan hasil negatif Covid-19.

Saksikan Video Olimpiade Tokyo 2020 di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

100 Meter Putra

Lalu Muhammad Zohri akan turun pada nomor 100 meter putra dan dijadwalkan bertanding pada 31 Juli. Sementara Alvin Tehupeiory akan bertanding sehari sebelumnya pada nomor 100 meter putri.

Zohri mendapatkan tiket ke Olimpiade berkat hasil di Kejuaraan Atletik Seiko Golden Grand Prix 2019 di Nagai Stadium Osaka, Jepang, 19 Mei lalu. Dia menempati posisi ketiga nomor 100 meter pada ajang itu.

Nama Zohri mulai menjadi perhatian publik pada 2018 saat tampil mengejutkan pada Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Tampere, Finlandia, 11 Juli. Atlet yang kini berusia 21 thun itu mengukir sejarah dengan menjadi sprinter pertama Indonesia yang meraih medali emas pada nomor lari 100 meter.

3 dari 4 halaman

Wildcard

Sementara Alvin Tehupeiory lolos ke Olimpiade Tokyo setelah terpilih tampil melalui jalur wildcard. Ia merupakan pemegang rekor nasional lari 200 meter dengan waktu 23,76 detik saat berlaga di Kejuaraan Nasional 2019 di Cibinong, Bogor.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.