Sukses

3 Momen Memalukan Pembukaan Olimpiade dari Masa ke Masa

Dari tragedi merpati panggang, hingga kaldron yang macet di tengah jalan.

Liputan6.com, Jakarta Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 tinggal sebentar lagi. Upacara yang menandai bergulirnya ajang olahraga empat tahunan itu digelar di National Stadium, Tokyo, Jumat (23/7/2021) pukul 18.00 WIB. 

Di tengah pandemi virus Corona COVID-19 yang belum berakhir, sejumlah perubahan dilakukan demi menjaga keamanan atlet dan ofisial. Salah satunya adalah keputusan IOC untuk meniadakan kehadiran penonton dan membatasi jumlah peserta yang mengikuti prosesi defile yang sudah menjadi tradisi. 

Sejauh ini, pihak penyelenggara masih merahasiakan detail acara pembukaan. Meski demikian, selain defile atau pawai kontingen, satu hal yang pasti dilakukan dalam menandai pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 adalah penyalaan api pada kaldron. 

Penyalaan api di kaldron selama ini dianggap sebagai puncak dari acara pembukaan Olimpiade. Oleh sebab itu, tuan rumah biasanya menggunakan cara yang unik dalam melakukan prosesi ini.

Hanya saja, tidak semua berjalan sesuai rencana. Sebagian justru berubah jadi momen memalukan. 

Berikut ini, tiga momen aneh acara pembukaan Olimpiade dari masa ke masa. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olimpiade Berlin 1936 Ala NAZI

Tidak ada yang menyangka bila Olimpiade pernah berlangsung di negara yang dikuasai oleh fasis seperti rezmi Nazi. Namun kehidupan nyata terkadang lebih aneh dari cerita fiksi. Pada tahun 1936, Olimpiade pernah berlangsung di Berlin, Jerman yang dikuasai oleh Nazi pimpinan Adolf Hitler.

Seperti dilansir dari berbagai sumber, momen pembukaan kala itu jauh dari kesan semarak. Pasalnya, momen pembukaan berubah menjadi parade militer di bawah pimpinan langsung Adolf Hitler.

Tidak aneh bila banyak militer yang terlibat selama acara tersebut. Bahkan api kaldron dinyalakan dengan latar belakang ratusan lambang Nazi dan poster Hitler. Susana bertambah tegang manakala lagu kebangsaan Jerman diputar berulang-ulang. Ratusan merpati lalu diterbangkan. Dan saat meriam ditembakkan, burung-burung itu kaget hingga mengeluarkan kotoran yang jatuh ke penonton.   

Benar-benar bukan suasana yang menggambarkan sebuah pesta, tapi lebih kepada parade militer. 

3 dari 4 halaman

Merpati Panggang Olimpiade Seoul 1988

Bagi masyarakat Indonesia, Olimpiade Seoul, Korea Selatan, pada tahun 1988 merupakan tonggak sejarah tradisi medali dimulai. Trio srikandi Tanah Air, yang terdiri dari Lilies Handayani, Kusuma Wardhani dan Nurfitriyana Saiman berhasil merebut medali perak dari nomor recurve beregu putri. 

Ini menjadi keping medali pertama Indonesia sepanjang tampil di Olimpiade sejak 1952. Dan sejak saat itu, Indonesia tidak pernah pulang lagi dengan tangan hampa hingga Olimpiade Brasil 2016. 

Seperti Olimpiade-Olimpiade sebelumnya, acara pembukaan pada edisi ini juga dikemas meriah dan unik. Hanya saja, pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian belakangan pantas disesali. 

Bagaimana tidak, belasan merpati yang dilepaskan memilih hinggap di kaldron. Dan saat api dinyalakan, sebagian dari burung-burung itu bernasib tragis karena terbakar hidup-hidup. Ironisnya, momen mengerikan itu tidak hanya disaksikan oleh penonton di stadion tapi juga oleh masyarat di berbagai belahan dunia karena disiarkan langsung oleh berbagai stasiun televisi.

 

 

4 dari 4 halaman

Olimpiade Sydney 2000 yang Bikin Keki

Penyalaan api kaldron pada pembukaan Olimpiade Sydney 2000 seharusnya jadi salah satu yang termegah sepanjang sejarah. Sebab proses yang dibuat unik dengan bantuan teknologi mutahir. 

Rencananya, api yang dinyalakan oleh pelari Cathy Freeman bergerak secara perlahan menuju puncak setelah dinyalakan di atas air. Sayang kerumitan proses ini belakangan justru berubah jadi bumerang. 

Kesalahan teknis membuat perjalanan kaldron macet dan tidak kunjung sampai ke puncak stadion. 

Hal ini membuat Freeman terpaksa menunggu dan berdiri canggung di tempatnya sembari menunggu proses itu berakhir. Selama beberapa menit, kaldron tertahan dan tak kunjung  bergerak. Beruntung kerusakan masih bisa diperbaiki, dan api pun mulai berjalan di rel menuju tempat yang ditentukan.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.