Sukses

Bawa Chelsea dan Italia Juara, Jorginho Lebih Layak Menangkan Ballon d’Or Dibanding Messi ?

Liputan6.com, Jakarta Tampil mengesankan sepanjang musim 2020/2021, Jorginho berhasil membawa Chelsea memenangkan trofi Liga Champions. Sementara itu, kiprahnya di Timnas Italia mengantar negaranya menyabet gelar juara Euro 2020.

Catatan prestasi ini membuat Jorginho banyak difavoritkan untuk meraih penghargaan Ballon d’Or.

Di sisi lain, Lionel Messi pun sukses mencatatkan pencapain luar biasa. Tak hanya keluar sebagai juara Copa America 2021 bersama Timnas Argentina, Messi juga berhasil meraih gelar top skor, pemberi assist terbanyak, serta pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Legenda Chelsea Gianfranco Zola tak menampik deretan prestasi yang dibukukan Messi musim ini. Ia bahkan menyebut bahwa pencapaian Messi bersama Timnas Argentina tidak akan luput dari perhatian.

“Sekarang kami berbicara tentang pemain fantastis seperti Messi yang melakukan hal luar biasa untuk pertama kali bersama tim nasionalnya (Argentina)–dan hal ini tidak akan luput dari perhatian,” ungkap Zola seperti dikutip dari Daily Mail.

Meski demikian, Zola tetap menjagokan Jorginho untuk meraih penghargaan Ballon d’Or dibanding Lionel Messi.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memberi Keseimbangan

Zola menilai bahwa Jorginho mampu memberi keseimbangan dan kecepatan dalam timnya. Hal ini membuat Jorginho pantas diperhitungkan sebagai salah satu calon peraih Ballon d’Or potensial.

“Haruskah mereka memberikannya (Ballon d’Or) kepada Jorginho? Itu akan layak. Dia memberi keseimbangan dan kecepatan yang konkret bagi timnya. Saya beruntung memiliki Jorginho di Chelsea,” ungkap Zola seperti dikutip dari GiveMeSport.

Lebih dari itu, Zola mengeklaim bahwa tim yang yang diwakilkan Jorginho saat ini luar biasa sehingga harus dijadikan bahan pertimbangan.

“Itu (meraih Ballon d’Or) pantas karena tak hanya penampilannya (Jorginho) yang berada di level tertinggi, tetapi tim yang ia mainkan juga luar biasa. Ini harus diperhitungkan,” tutur Zola.

3 dari 3 halaman

Bergantung pada Kriteria

Meski telah memenangkan dua trofi musim ini, Jorginho menyebut bahwa peluangnya meraih penghargaan Ballon d’Or bergantung pada kriteria yang ditetapkan oleh France Football selaku penyelenggara.

“Kami hidup untuk bermimpi. Akan tetapi, saya akan jujur bahwa: itu (memenangkan Ballon d’Or) bergantung pada kriteria,” ungkap Jorginho dilansir dari SportBible.

Jorginho mengakui bahwa dirinya adalah peraih gelar terbanyak musim ini. Meski demikian, Jorginho menyebut ia bukan pemain terbaik di dunia.

“Jika kita berbicara tentang bakat, saya sadar bahwa saya bukan yang terbaik di dunia. Namun jika Anda memilih berdasarkan gelar, yah, tidak ada (pemain) yang menang lebih (banyak) dari saya musim ini,” sambungnya.

 

Penulis: Melinda Indrasari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Chelsea Football Club musti menunggu hampir 50 tahun untuk kembali merengkuh trofi Liga Primer Inggris keduanya setelah pada musim 2004-2005
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya tentang Chelsea FC yang memiliki julukan The Blues

    Chelsea

  • Euro 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 12 kota dan negara.
    Euro 2020 adalah turnamen sepak bola terbesar di benua Eropa yang digelar di 12 kota dan negara.

    Euro 2020

  • Ballon d'Or adalah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh pemaik sepak bola yang ada di dunia
    Ballon d'Or adalah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh pemaik sepak bola yang ada di dunia

    Ballon d'Or

  • Jorginho