Sukses

Peluang Bintang Chelsea Ikuti Cristiano Ronaldo, Juara Liga Champions dan Euro di Tahun yang Sama

Liputan6.com, London - Menjuarai berbagai kompetisi bergengsi dalam waktu singkat merupakan idaman bagi para pesepak bola. Di Euro 2020, ada tujuh nama yang berkesempatan melakukannya setelah memenangkan Liga Champions.

Setiap semifinalis punya kandidat menyusul kesuksesan Chelsea menaklukkan Manchester City di laga puncak Liga Champions sekitar satu bulan lalu.

Andreas Christensen mengibarkan bendera Denmark, dengan Jorginho mewakili Italia dan Cesar Azpilicueta jadi andalan Spanyol. Sementara Inggris memiliki tiga penggawa yakni Ben Chilwell, Reece James, dan Mason Mount.

Dengan begitu, tahun ini pasti ada yang masuk kelompok elite memenangkan Piala Eropa dan Liga Champions pada tahun sama. Sang pemain bakal mengikuti jejak Fernando Torres dan Juan Mata yang berprestasi bersama The Blues dan Spanyol pada 2012.

Total UEFA mencatat ada sembilan sosok yang pernah merebut gelar ganda. Teranyar adalah duo Portugal Cristiano Ronaldo dan Pepe pada Euro 2016.

Mereka membantu negara merebut gelar internasional perdana setelah membawa Real Madrid berjaya pada level klub.

Saksikan Video Berikut Ini

2 dari 5 halaman

Syarat Ketat UEFA

UEFA memiliki kategori ketat dalam menentukan siapa yang berada di grup ini. Sang pemain mesti tampil di kedua final.

Atas pertimbangan ini, Wim Kieft (Belanda dan PSV Eindhoven) serta Nicolas Anelka dan Christian Karembeu (Prancis, Real Madrid) tidak masuk daftar meski membawa pulang medali juara karena jadi bagian skuat.

Kieft dan Anelka tidak merumput di salah satu laga puncak. Sementara Karembeu duduk di bangku cadangan pada dua final.

 

3 dari 5 halaman

5 Pemain Kandas

Jika enam pemain Chelsea masih punya peluang, lima nama lain harus mengubur mimpi. Gelandang Kroasia Mateo Kovacic, jangkar Prancis N'Golo Kante, serta trio Jerman Kai Havertz, Antonio Rudiger, dan Timo Werner kandas usai tersingkirnya negara masing-masing.

 

4 dari 5 halaman

Juara Ganda Euro dan Liga Champions

1964: Luis Suarez (Spanyol dan Inter Milan)

1988: Hans van Breukelen, Ronald Koeman, Berry van Aerle, Gerald Vanenburg (Belanda dan PSV Eindhoven)

2012: Fernando Torres, Juan Mata (Spanyol dan Chelsea)

2016: Cristiano Ronaldo, Pepe (Portugal dan Real Madrid)

5 dari 5 halaman

Infografis