Sukses

Rekor Spanyol di Semifinal Piala Eropa, Ladeni Italia di Euro 2020 / 2021

Spanyol menghadapi Italia pada semifinal Euro 2020. Seperti apa rapor La Furia Roja di semifinal Piala Eropa?

Liputan6.com, Jakarta - Spanyol menghadapi Italia pada semifinal Euro 2020. Pertandingan berlangsung di Wembley, Selasa (6/7/2021) atau Rabu dini hari WIB.

Duel Italia vs Spanyol mengingatkan pertarungan di final 2012. Ketika itu Spanyol menunjukkan hegemoni dengan menang empat gol tanpa balas.

David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres, dan Juan Mata mencatatkan nama di papan skor bagi Spanyol.

Hasil tersebut berbeda jauh dengan pertemuan sebelumnya di fase grup turnamen yang sama. Spanyol dan Italia bermain sama kuat 1-1.

Total Spanyol sudah mencapai semifinal Euro dalam empat kesempatan. Seperti apa rapor La Furia Roja di babak tersebut? Simak di halaman selanjutnya.

Saksikan Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1964

Penampilan perdana Spanyol di Euro. Berstatus tuan rumah, mereka susah payah menaklukkan Hungaria 2-1 melalui perpanjangan waktu.

Spanyol kemudian mengalahkan juara bertahan Uni Soviet 2-1 di laga puncak untuk membawa pulang gelar internasional pertama.

 

3 dari 5 halaman

1984

Satu-satunya noda dalam catatan Spanyol. Mereka mempertahankan rapor 100 persen di semifinal dengan membungkam Denmark 4-5 (1-1) lewat adu penalti.

Sayang kemenangan ini tidak berbuah gelar. Mereka tumbang 0-2 dari tuan rumah Prancis pada final.

4 dari 5 halaman

2008

Setelah menyingkirkan Italia lewat adu penalti di perempat final, Spanyol menghadapi Rusia yang tampil mengejutkan. Nyatanya mereka dapat meraih kemenangan 3-0 dengan mudah.

Spanyol lalu merebut gelar kedua setelah membungkam Jerman 1-0 di partai puncak.Titel ini mengawali dominasi La Furia Roja di pentas internasional dengan menjadi juara tiga turnamen secara beruntun.

 

5 dari 5 halaman

2012

Berstatus juara bertahan dan juga memenangkan Piala Dunia 2010, Spanyol terus mendapat lawan berat pada kompetisi kali ini. Usai menghadapi Italia di grup, mereka mesti melewati Prancis pada perempat final.

Portugal kemudian menunggu di semifinal. Usai bermain tanpa gol selama 120 menit, Spanyol berjaya lewat adu penalti 4-2. Mereka kemudian menghajar Italia 4-0 di final.

Hasil tersebut mempertegas status Spanyol sebagai negara terbaik di sepak bola pada saat itu. Namun setelahnya mereka mengalami kemunduran perlahan-lahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.