Sukses

Denmark Lolos ke 16 Besar Euro 2020, Lawan Wales Tak Boleh Sekadar Beruntung

Liputan6.com, Jakarta Denmark secara dramatis mampu lolos ke 16 besar Euro 2020 / 2021. Kepastian ini didapat usai tim berjuluk Danish Dinamite mampu tampil memukau dalam kemenangan 4-1 atas Russia di laga terakhir grup A. Pada babak perdelapan final, Denmark akan bertemu runner-up grup B, Wales di Amsterdam Arena, Sabtu malam (26/6/2021) WIB.

Keberhasilan Simon Kjaer dan kolega tak terlepas dari kemenangan 2-0 Belgia atas Finlandia. Dengan ini, Denmark mampu menggeser Finlandia di urutan kedua meski sama-sama mengantongi tiga poin. 

Tim Dinamit berhak lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setelah unggul selisih gol.

Kelolosan Denmark ke fase gugur tentunya mengejutkan banyak pihak. Pasalnya tim besutan Kasper Hjulmand itu memulai turnamen dengan dua kekalahan yang membuat peluang mereka untuk lolos ke 16 menipis sebelum keajaiban terjadi di laga terakhir.

Hjulmand pun mengaku sangat terkesan dan kagum dengan skuat yang kerja keras skuad-nya. Dirinya pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mendukung timnas Denmark sehingga bisa melangkah sejauh ini.

"Saya kehabisan kata-kata tentang kekaguman saya pada tim ini. Mereka sangat kuat. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang Denmark, dan penggemar di stadion," kata Hjulmand seperti dilansir Euro 2020.com

"Cinta dan perhatian yang diberikan seluruh Denmark telah menunjukkan kami membantu kekuatan anak laki-laki masuk ke kaki mereka dan keluar di stadion ini," katanya lagi menambahkan.

 

 

2 dari 4 halaman

  Kado Eriksen

Dan, torehan ini sekaligus menjadi kado manis untuk Christian Eriksen yang sempat mengalami kolaps di laga perdana lalu. Kejadian itu sempat membuat terkejut banyak pihak sebab Eriksen tiba-tiba roboh di tengah pertadingan.

Tak hanya itu, keberhasilan ini juga memunculkan asa untuk untuk mengulang torehan manis mereka di Euro 1992. Seperti diketahui, pada turnamen kala itu Denmark berhasil meraih gelar juara setelah mengalahkan Jerman 2-0 melalui gol yang dicetak John Jensen.

Disisi lain, Wales bukanlah tim sembarangan. Dihuni banyak pemain seperti Gareth Bale, Daniel James, dan Aaron Ramsey tim berjuluk The Dragon itu berambisi melaju sejauh mungkin di Piala Eropa edisi kali ini.

Saya tidak berpikir ada batasan [untuk ambisi kami], terutama setelah EURO terakhir. Ini adalah skuat yang berkembang dan saya pikir itu akan terus berkembang," ujar Daniel James.

 

3 dari 4 halaman

Road To 16 Besar Euro 2020

 

Hasil Pertandingan Denmark di Fase Grup C Euro 2020

(13/6/2021) Denmark 0-1 Finlandia

(18/6/2021) Denmark 1-2 Belgia

(21/6/2021) Rusia 1-4 Denmark

Jadwal Pertandingan

Sabtu, 26 Juni 2021

23.00 WIB : Wales vs Denmark (Amsterdam Arena, Amsterdam)

(Akbar Bintang)

4 dari 4 halaman

Infografis Jadwal 16 Besar Euro 2020