Sukses

Piala Dunia 2022 Harus Bebas COVID-19, Qatar Siapkan Vaksin untuk Penonton

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar rencananya bakal digelar tanpa pembatasan jumlah penonton di dalam stadion. Artinya, seluruh stadion bakal terbuka hingga kapasitas maksimalnya. Hanya saja, pemerintah Qatar berusaha menjaga perlehatan akbar itu tetap terbebas dari COVID-19

Seperti dilansir dari RTE, Qatar berniat melonggarkan protokol kesehatan selama Piala Dunia 2022 dengan tidak membatasi kuota penonton di stadion. Hanya saja, pemerintah Negeri Teluk itu enggan kecolongan pesta sepak bola empat tahunan itu jadi klaster baru penyebaran COVID-19. 

Untuk itu, Qatar hanya mengizinkan penonton yang sudah divaksin yang memasuki stadion. Dan bagi yang belum, jangan khawatir, pemerintah Qatar rencananya akan menyiapkannya untuk Anda. 

Hal ini seperti disampaikan oleh Perdana Menteri Qatar, Sheikh Khalid bin Khalifa bin Abdulaziz Al Thani, kepada sejumlah surat kabar baru-baru ini. "Kami saat ini sedang bernegosiasi dengan sebuah perusahaan untuk menyediakan satu juta dosis vaksin Covid-19 untuk mengimunisasi dan memvaksinasi beberapa dari mereka yang datang ke Qatar," katanya dalam sambutan yang juga disiarkan kantor berita QNA pada Minggu malam, tanpa mengidentifikasi nama perusahaan itu.

 

2 dari 4 halaman

Distribusi Vaksinasi

Belum jelas seperti apa mekanisme pemberian vaksin kepada calon penonton Piala Dunia 2022. Sebab selama ini, pemberian vaksin COVID-19 rata-rata dilakukan sebanyak dua dosis. Namun pejabat berwenang lainnya menyebutkan kalau mereka ingin Piala Dunia 2022 bebas virus COVID-19. 

Qatar sendiri sejauh ini masih menggunakan vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna. Menurut Reuters, sudah  tersedia 2,8 juta dosis, yang cukup untuk memvaksinasi sekitar 50,8% dari populasinya.

 

3 dari 4 halaman

Venue Nyaris Rampung

Sheikh Khalid juga mengatakan Piala Arab 2021, yang diselenggarakan Doha pada bulan Desember, akan mencerminkan kesiapan Qatar untuk menjadi tuan rumah. Dia juga mengatakan sejumlah besar stadion telah selesai. Sementara pekerjaan masih dilanjutkan pada tiga stadion termasuk Stadion Lusail, yang menjadi tuan rumah pertandingan final Piala Dunia 2022 dan sudah mencapai 90% .

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini