Sukses

Hasil Euro 2020 / 2021 : Drama Lima Gol, Belanda Sikat Ukraina

Liputan6.com, Jakarta- Belanda memulai kiprah di Euro 2020 / 2021 dengan baik. Pasukan Frank de Boer menang dramatis 3-2 atas Ukraina pada laga Grup C di Stadion Johan Cruijff Arena, Senin (14/6/2021) dinihari WIB.

Pada laga ini Belanda tak bisa menurunkan bek Matthijs de Ligt yang mengalami cedera. Posisi De Ligt digantikan Jurrien Timber. Sedangkan Ukraina nyaris bisa menurunkan semua pemain terbaiknya.

Main di kandang sendiri, Belanda langsung menekan Ukraina sejak menit pertama. Belanda hampir unggul cepat di menit kedua melalui Memphis Depay. Sayangnya aksi menawan Depay masih bisa digagalkan kiper Georgi Bushchan.

Tiga menit kemudian, Belanda kembali menciptakan peluang. Kali ini giliran sepakan bek kanan Denzel Dumfries yang masih bisa ditepis Bushchan.

Peluang emas kembali didapat Belanda di menit 27. Lagi-lagi Bushchan dengan cekatan bisa mengamankan gawangnya. Bushchan menggagalkan peluang dari Wout Weghorst yang mendapat umpan dari Depay.

Ukraina sendiri baru bisa menciptakan peluang pada menit 30 lewat sepakan Andrey Yarmolenko yang masih bisa diamankan kiper Maarten Stekelenburg.

Dumfries kembali membuang peluang di akhir babak pertama. Sundulannya di depan gawang masih melebar meski sudah berdiri bebas

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Belanda akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit 52. Gelandang Giorginio Wijnaldum mencatatkan namanya di papan skor. Wijnaldum menyambar bola umpan silang Dumfries yang tak sempurna dihalau Bushchan.

Enam menit kemudian, Belanda menggandakan skor. Weghorst memperdaya Bushchan memanfaatkan kesalahan pemain belakang Ukraina saat menyapu bola hasil penetrasi Dumfries.

Ukraina pantang menyerah. Mereka akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 75 melalui gol indah Yarmolenko. Stekelenburg terkecoh oleh tendangan melengkung kaki kiri Yarmolenko dari luar kotak penalti.

Selang empat menit kemudian, Ukraian bisa menyamakan skor. Roman Yaremchuk menjebol gawang Belanda meneruskan umpan tendangan bebas Ruslan Malinovskiy dengan sundulan akurat.

Belanda kembali memimpin di menit 85. Dumfries akhirnya bisa mencetak gol. Dumfries menyundul umpan Nathan Ake setelah memenangi duel udara dengan Olexander Zinchenko.

Gol Dumfries ini memastikan kemenangan Belanda. Di sisa laga, Ukraina tak mampu membalas gol lagi.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Belanda: Stekelenburg; Van Aanholt (Wijndal 64'), Blind (Ake 64'), De Vrij, Timber (Veltman 88'), Dumfries; Wijnaldum, De Jong, De Roon; Memphis (Malen 90'), Weghorst (Luuk de Jong 88')

Bushchan; Karavaev, Zabarnyi, Matvienko, Mykolenko; Malinovsky; Sydorchuk, Zinchenko; Yarmolenko, Yaremchuk, Zubkov (Marlos 13', Shaparenko 64').

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Ini