Sukses

Dua Atlet Panjat Tebing Indonesia Torehkan Prestasi di Amerika

Dua atlet Indonesia menorehkan prestasi di Piala Dunia Panjat Tebing 2021 (IFSC World Cup). Bertempat di Salt Lake City, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin memetik medali emas dan memecahkan rekor untuk kategori nomor speed 15 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Dua atlet Indonesia menorehkan prestasi di Piala Dunia Panjat Tebing 2021 (IFSC World Cup). Bertempat di Salt Lake City, Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin memetik medali emas dan memecahkan rekor untuk kategori nomor speed 15 meter.

“Dua atlet ini adalah ‘Super Sub’ dari atlet andalan Tim Nasional Pelatnas panjat tebing Indonesia,” kata Asisten Manajer Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Asep Rahmat Asep dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/5).

Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin memecahkan record dunia untuk kategori nomor speed 15 meter. Veddriq sendiri meraih medali emas usai berhasil mengalahkan rekannya itu pada laga final.

Pada final Veddriq mencatatkan waktu 5,20 detik. Catatan itu membuat Veddriq mengalahkan rekor milik atlet Iran, Reza Alipour (5,48 detik) dan Kiromal (5.25 detik).

Veddriq pun kini menjadi pemegang rekor dunia sebagai yang tercepat menyelesaikan wall 15 meter di nomor speed putra.

“Mereka (Veddriq dan Kiromal) melakukannya lagi. Veddriq Leonardo mengalahkan rekan senegaranya Kiromal Katibin dan mencatatan lagi rekor dunia di nomor speed putra di Salt Lake City, 5,208 detik,” bunyi keterangan yang dikutip dari akun instagram @ifscclimbing

Saksikan Video Panjat Tebing di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukungan Kemenpora

Menurut Asep, prestasi keduanya tidak lepas dari kegiatan pelatnas yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Terimakasih kepada bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, bapak Zainudin Amali beserta Jajarannya. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional, bapak Chandra Bakti dan Asisten Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional bapak Surono atas dukungan kepada Pelatnas Panjat Tebing Indonesia,” kata Asep.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.