Sukses

Lawan Persebaya di Piala Menpora, Persib Andalkan Pemain Berpengalaman

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung akan melawan Persebaya Surabaya di babak perempat final Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). Demi menjaga peluang lolos ke fase berikutnya, Maung Bandung membawa pemain berpengalaman yang juga kapten tim Supardi Nasir.

Supardi sendiri baru bergabung latihan dengan tim beberapa hari terakhir. Sebelumnya, pemain 38 tahun itu absen di fase grup karena harus melakoni kursus kepelatihan lisensi B PSSI di Padang, Sumatera Barat.

Menurut pelatih Persib, Robert Rene Alberts, kondisi dan kebugaran fisik dari Supardi tetap terjaga. Ia pun mengungkapkan alasan membawa Supardi ke Sleman sebagai bagian dari rencana tim.

"Yang pertama dia adalah kapten. Selain itu dia dalam kondisi yang fit karena di kursus kepelatihan juga dibutuhkan kerja keras dan melatih kondisi fisik karena ada sesi teori dan praktik," katanya, Sabtu (10/4/2021).

Selain kapten tim dan dalam kondisi kebugaran yang bagus, Robert juga meyakini pengalaman Supardi sangat penting di turnamen pramusim Piala Menpora ini.

"Dia kapten dan berpengalaman. kini kami ada pada tahap bahwa pengalaman dibutuhkan dalam turnamen, jadi itu kenapa dia ikut bersama kami," ujarnya.

Dalam lawatan ke Sleman, Persib hanya membawa 20 pemainnya. Kondisi keuangan tim di masa pandemi, dikatakan Robert membuat kuota pemain yang dibawa untuk melakoni laga tandang terbatas.

Meski demikian, pemain yang ditinggalkan di Bandung akan tetap berlatih.

"Para pemain yang tinggal di Bandung tetap berlatih bersama coach Gilang dan coach Digul. Jadi jika semua berjalan lancar, kami lolos ke babak berikutnya, baru kami membawa pemain lainnya karena ini berkaitan dengan budget," ungkapnya.

 

2 dari 3 halaman

Berikan Waktu Istirahat

Rombongan Persib sendiri baru tiba di Sleman pada Jumat (9/4/2021) sore dan hanya ada waktu satu hari untuk berlatih. Robert pun berencana memberi banyak waktu bagi pemain beristirahat pada Sabtu (10/4/2021).

"Kami melakukan perjalanan hampir sepuluh jam dan tentunya ini perjalanan panjang. Jadi besok pagi kami memberikan waktu kosong untuk pemain, mereka bisa menikmati sarapan kapanpun," katanya.

Setelah itu, para pemain Persib akan makan siang bersama dilanjutkan menyaksikan video permainan Persebaya. Kemudian pergi ke stadion untuk melakukan official training. Lalu ditutup dengan makan malam bersama.

"Kami juga mengetahui pemain dalam kondisi yang fit, semuanya bebas dari covid yang mana itu adalah hal penting dan kami melihat ke depan untuk melakukan latihan besok," kata Robert. 

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini