Sukses

PSSI Angkat Bicara usai Timnas Indonesia U-23 Batal Hadapi Tira Persikabo

Liputan6.com, Jakarta - PSSI meminta maaf dengan pembatalan uji coba Timnas Indonesia U-23 melawan Tira Persikabo di Stadion Madya, Rabu (3/3/2021). Ke depannya PSSI akan terus berkoordinasi dengan kepolisian.

Pertandingan urung dilaksanakan karena Mabes Polri tidak mengeluarkan izin. "PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan," kata Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi di situs resmi federasi.

"Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' ujar Yunus Nusi.

Timnas U-23 semestinya menghadapi Tira Persikabo pukul 20.00 WIB. Namun, pengumuman baru keluar satu jam sebelumnya ketika bus kedua tim menunggu di parkiran stadion. 

Kini PSSI berharap dapat menggelar uji coba. Sebab, timnas U-23 membutuhkan pertandingan sebagai bagian persiapan pemusatan latihan (TC) menuju SEA Games 2021.

''Jadi memang tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena timnas ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," kata Yunus Nusi.

"Untuk itu, sambil menunggu proses administrasi perizinan, kami menyiapkan pertandingan uji coba sesuai roadmap pelatih Shin Tae-yong. Untuk langkah selanjutnya, PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri."

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 5 halaman

Alasan Kepolisian

Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih Hermawan mengungkapkan, kepolisian tak mengeluarkan izin pertandingan karena waktu yang terlalu mepet. 

"Kegiatan pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo hari ini tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada izinnya. Sampai tadi setelah Maghrib sekitar pukul setengah 7 belum juga keluar izinnya," kata Singgih Hermawan.

"Izinnya dari Mabes Polri. Kami tanyakan kepada panitia kalau mereka sudah bersiap. Akan tetapi, memang tidak ada izinnya," ujar Singgih.

3 dari 5 halaman

Diajukan Hari H

Menurut Singgih, izin keramaian belum terbit karena panitia penyelenggara terlambat membuat pengajuan. Panitia, dia melanjutkan, baru memasukkan surat terkait laga itu pada hari pertandingan.

"Panitia sudah bersurat tetapi baru hari ini. Terlalu mepet," kata Singgih menegaskan.

4 dari 5 halaman

Sejak Februari

Timnas U-23 menggelar TC di Jakarta sejak 8 Februari lalu. Rencananya, para pemain akan digembleng hingga 5 Maret mendatang.

Pada Sabtu (27/2/2021), timnas U-23 menjalani internal game di Lapangan D, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Laga tersebut berakhir imbang 4-4.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Berikut Ini