Sukses

Adu Hebat 6 Gelar Bayern Munchen dan Barcelona, Siapa Lebih Spektakuler?

Liputan6.com, Barcelona- Bayern Munchen baru saja menyamai rekor enam gelar Barcelona dalam satu musim. Keberhasilan itu ditandai saat Munchen kalahkan Tigres di final Piala Dunia Antar Klub 2020.

Jumlah enam gelar yang diraih satu klub baru dua kali terjadi. Sebelumnya, ini dicetak oleh Barcelona era Josep Pep Guardiola pada 2009.

Bayern Munchen menyapu bersih gelar di 2020. Bayern Munchen juara Bundesliga, DFP Pokal, Liga Champions, Piala Super Jerman, Piala Super Eropa dan Pialal Dunia antar Klub.

Munchen tampil fenomenal karena sulit dihentikan oleh tim manapun di musim lalu. Kekuatan mereka sama dengan Barcelona di era Josep Guardiola.

Saat itu, Barcelona juga menyapu gelar domestik dan Internasional. Barcelona dan Munchen ukir rekor fenomenal, tapi siapa lebih mempesona?

 

2 dari 6 halaman

Gelar Liga

Kedua tim meraih gelar liga domestik tanpa kesulitan berarti. Barcelona meraih 87 poin, unggul 9 poin dari Real Madrid yang ada di posisi kedua.

Sedangkan Bayern Munchen raih 82 poin, 13 poin lebih banyak dari Borussia Dortmund. Barcelona menang 37 kali, imbang enam dan kalah 5 kali.

Barcelona mencetak 105 gol dan kebobolan 34 kali. Munchen awalnya tak mulus di 14 laga awal Bundesliga, menyusul dipecatnya Niko Kovac.

Namun Munchen memenangkan 19 laga dari 20 laga tersisa.

 

3 dari 6 halaman

Piala Domestik

 

Barcelona memenangkan 7 laga dan imbang dua kali, cetak 15 gol dan kebobolan 8 kali untuk memenangkan Copa del Rey. Sedangkan Munchen sapu bersih seluruh enam laga DFB Pokal.

Mereka mencetak 16 gol dan kebobolan 8 kali.

Liga Champions

Yang membuat hebat Barcelona, mereka lolos ke Liga Champions setelah finis di posisi ketiga sehingga harus ikut playoff. Mereka pun kalahkan Wisla Krakow 4-1 dengan agregat.

Barcelona memenangkan lima laga fase grup dan kalah sekali di grup C. Barcelona juga kesulitan lolos 16 besar, sebelum Iniesta mencetak gol penentu di Stamford Bridge.

Sedangkan Munchen memenangkan seluruh 11 laga Liga Champions yang digelar dengan format berbeda. Hanya lawan PSG, Munchen hanya menang dengan satu gol.

 

4 dari 6 halaman

Piala Super

Di Piala Super domestik, Barcelona dan Bayern Munchen sama-sama pesta gol. Munchen berhasil menang 3-2 atas Borussia Dortmund.

Sedangkan Barcelona kalahkan Athletic Bilbao 5-1 dalam dua leg.

Di Piala Super Eropa, Barcelona dan Munchen sama-sama butuh perpanjangan waktu. Barcelona menang lewat gol tunggal Pedro Rodriguez.

Sedangkan Munchen butuh Javi Martinez yang mencetak gol penentu sehingga menang 2-1 atas Sevilla.

 

5 dari 6 halaman

Piala Dunia Klub

 

Keberhasilan Munchen rebut Piala Dunia antar Klub diwarnai kontroversi gol Benjamin Pavard. Sedangkan Barcelona butuh perpanjangan waktu untu k kalahkan Estudiantes lewat gol Lionel Messi.

Kesimpulannya? Munchen sedikit lebih unggul ketimbang Barcelona. Barcelona akhiri musim itu dengan 46 kali menang, 13 imbang, enam kali kalah, 163 gol dan kebobolan 59 kali.

Bayern Munchen main 10 laga lebih sedikit. Mereka akhiri musim dengan 47 kemenangan, empat imbang, empat kalah, 167 gol dan kebobolan 51 kali.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini: