Sukses

Arsene Wenger Ungkap Cara Mesut Ozil Mewarnai Skuat Fenerbahce

Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger masih melihat potensi besar dalam diri Mesut Ozil.

Liputan6.com, Jakarta Mantan Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memaklumi keputusan Mesut Ozil pindah ke Fenerbahce. Menurutnya, pemain asal Jerman itu sudah terlalu lama tidak bermain bersama The Gunners. 

Ozil pemain yang ikut menjuarai Piala Dunia akhirnya meninggalkan Arsenal setelah memperkuat tim asal London itu selama tujuh setengah musim. Kepergiannya tidak terelakkan. Pemain yang pernah memperkuat Real Madrid tersebut sudah bosan makan gaji buta sejak bulan Maret tahun lalu.

Wenger merupakan sosok yang mendatangkan Mesut Ozil ke Emirates pada tahun 2013 lalu. Namun perannya semakin memudar saat Wenger pensiun dan digantikan oleh Unay Emery.  

Kehadiran pelatih baru Mikel Arteta semakin memperburuk mimpi buruk Ozil bersama Arsenal. Arteta bahkan tidak memasukkan Ozil dalam skuat Meriam London di Liga Inggris Premier League musim ini.

"Saya yakin dia sangat frustrasi karena tidak dimainkan," kata Wenger kepada beIN Sports. 

"Dia pasti sangat lapar untuk bisa bermain sepak bola lagi," bebernya. 

Menurut Wenger, Ozil merupakan sosok yang butuh lingkungan yang hangat. Karena itu, pria asal Prancis itu yakin Ozil bakal menemukannya di Turki bersama klub barunya, Fenerbahce. 

"Secara keseluruhan, dia bisa memberi bola kepada para striker untuk memenangkan pertandingan. Jika mereka bisa melakukan itu dengan baik, mereka bisa memenangkan liga," beber Wenger. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Seperti Pemain Orkestra

Wenger boleh dikatakan sangat memahami karakter Ozil. Itu bisa terlihat melalui peran Ozil di skuat Arsenal era The Professor. Bersama Wenger, Ozil sempat merasakan tiga gelar Piala FA. Selain itu, Ozil juga menjadi langganan tim utama The Gunners sebelum Wenger memutuskan hengkang 2018 lalu.  

"Mesut (Ozil) itu seperti kalau Anda membayangkan sebuah orkestra. Dia sosok yang memainkan bola di waktu yang tepat. Waktunya melepas umpan sangat luar biasa, begitu juga dengan kreativitasnya. Dalam setiap setiuasi, dia punya jawaban yang tepat dan itu sangat jenius," beber Wenger. 

 

3 dari 4 halaman

Pelayan yang Baik

Wenger tidak pernah lupa peran Ozil dalam menyuplai bola. Pada musim 2015-16, dia mencetak 19 assist dan menjadi salah satu pemain tercepat yang mampu memecahkan rekor Premier League.  

"Jika momen di sekitarnya tepat, timing-nya dan kualitasnya melepas umpan bakal sempurna. Dia merupakan sosok pemain yang selalu disukai oleh para striker," beber Wenger menambahkan. 

 

4 dari 4 halaman

Butuh Waktu

Wenger yakin, kemampuan Ozil tidak akan hilang di Fenerbahce. Hanya saja, Wenger menilai, Ozil yang sudah lama tidak tampil di lapangan hijau butuh waktu untuk memulihkan kondisi fisiknya. 

"Ada dua hal penting yang menunjang kualitas permainan seorang pemain. Pertama adalah kebugaran dan Anda bisa mendapatkan ini lewat latihan yang rutin dan tepat," kata Wenger. 

"Secara pribadi, saat ini saya tidak tahu sebera baik kondisinya. Sementara faktor kedua adalah kebugaran kompetitif dan ini berkaitan dengan seberapa sering Anda bermain," bebernya. 

Kedua faktor ini menurut Wenger sebenarnya bisa dikejar dalam waktu yang tidak terlalu lama. Hanya saja, kualitas Ozil yang perlu dijaga adalah visi bermain dan kedalamannya. "Dia jeli melihat peluang, dia cepat dalam memutuskan, dan cepat melepas apa yang dilihatnya," kata Wenger. 

"Ini kualitas yang sangat jarang Anda temui dalam pertandingan," bebernya. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.