Sukses

Juventus Tekuk Sassuolo, Ronaldo Catat Rekor Baru

Liputan6.com, Jakarta Cristiano Ronaldo kembali menunjukkan performa gemilang di ajang Serie A musim ini. Pemain asal Juventus itu berhasil mencatatkan namanya di papan skor saat Juventus menang 3-1 atas Sassuolo. 

Bermain di kandang sendiri pada Minggu malam waktu setempat, Ronaldo melengkapi kemenangan Si Nyonya Tua di masa injury time. Sementarara dua gol lainnya dicetak Danilo dan Aaron Ramsey. 

Seperti dilansir AS, Ronaldo tidak hanya mengantar Juventus memetik tiga poin atas tim tamu. Gol ke gawang Sassuolo sekaligus mencatatkan rekor baru dalam perjalanan kariernya sebagai pemain. 

Musim ini, Ronaldo telah menyentuh 15 gol. Torehan ini sekaligus menempatkannya sebagai satu-satunya pemain dari lima liga top Eropa yang mampu mencapainya dalam 15 musim terakhir. 

Perjalanan beruntun dobel digit Ronaldo diawali saat dia masih memperkuat Manchester United atau MU. Pada musim 2006/07, pemain yang akrab disapa CR7 itu mencetak 17 gol dalam 34 laga. 

Sejak saat itu, Ronaldo yang sebentar lagi menginjak usia 36 tahun tidak pernah menorehkan gol lebih rendah dari itu dalam semusim. Torehan terbaik Ronaldo diraih saat memperkuat Real Madrid pada tahun 2014-15. Kekasih Georgina Rodriguez itu sanggup mencetak 45 gol dari 35 laga La Liga. 

 

2 dari 5 halaman

Bagaimana dengan Messi?

Berbicara tentang rekor Ronaldo tentu tidak lengkap bila tidak membandingkannya dengan sang rival, Lionel Messi. Pemain andalan sekaligus bintang Barcelona itu baru 12 kali mencetak doubel digit 15 gol beruntun. Torehan ini diawali La Pulga saat memperkuat Barcelona pada musim kompetisi 2008/2009. 

Saat ini, Messi baru mengemas 11 gol di ajang La Liga.  

3 dari 5 halaman

Gol Spesial

Gol pada Minggu malam menambah torehan luka yang ditinggalkan Ronaldo kepada Sassuolo. Hingga saat ini, setidaknya Ronaldo sudah 5 kali merobek jala Sassuolo. Gol pertama Ronaldo di ajang Serie A bahkan bersarang di gawang Sassuolo saat Juventus menang 2-1 pada bulan September 2018 lalu. 

 

4 dari 5 halaman

Peran Ronaldo

Sementara itu, bagi Juventus, kehadiran Ronaldo terasa sangat signifikan. Rekor kemenangan sang juara bertahan berada di angka 72,4 dengan kehadirannya. Sebaliknya, tanpa Ronaldo angka itu anjlok menjadi 46,7 persen dengan perbandingan rata-rata poin 2,3 dan 1,7 poin per pertandingan. 

Ketajaman Juventus juga berbeda saat diperkuat Ronaldo. Bersama CR7, si Nyonya Tua mampu mencetak rata-rata 2,1 gol per pertandingan dan menurun jadi 1,5 tanpa kehadirannya. Grafik yang sama juga terlihat dalam pertahanan Juventus di mana jumlah rata-rata kebobolan dengan kehadiran Ronaldo berada di angka 0,9. Sementara tanpa Ronaldo, angka ini meningkat menjadi 1,1. 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini