Sukses

Kabar Buruk Hampiri Dortmund Jelang Drawing 16 Besar Liga Champions

Liputan6.com, Jakarta Borussia Dortmund tidak akan didampingi Lucien Favre saat menjalani babak 16 besar Liga Champions mendatang. Pelatih yang telah menangani Die Borussen sejak 2018 itu dipecat setelah timnya menelan kekalahan kandang 1-5 dari tim promosi VfB Stuttgart pada Bundesliga Sabtu (12/12/2020). 

Akibat kekalahan ini. Dortmund untuk sementara bertengger di urutan kelima dengan 19 poin. Dortmund terpaut 6 poin dari Bayern Leverkusen yang saat ini berada di puncak klasemen Bundesliga.

Seperti dilansir dari Channel News Asia (CNA), Favre awalnya digadang-gadang sebagai sosok yang bakal membawa Dortmund mengakhiri hegemoni Baryen Munchen di Liga Jerman. Namun sejak diboyong dari Nice pada 2018 lalu, pelatih asal Swiss itu tak juga menunjukkan tanda-tanda itu. 

Tidak satupun trofi yang berhasil dipersembahkannya. Dan kekalahan yang dialami pasukannya pada akhir pekan lalu merupakan yang terburuk sejak kedatangannya ke Borussia Dortmund. Sehari setelah pertandingan ini, manajemen Dortmund pun memutuskan untuk memecat pelatih 63 tahun tersebut. 

"Kami semua berterima kasih kepada Lucien Favre atas pekerjaannya yang luar biasa selama 2-1 / 2 tahun terakhir, di mana dia dan timnya menjadi runner up dua kejuaraan. Profesionalisme Lucien Favre tidak perlu diragukan lagi," kata ketua Dortmund Hans-Joachim Watzke dalam pernyataan resminya.

"Ini merupakan langkah yang sulit," ujar Direktur Olahraga Borussia Dortmund, Michael Zorc.

"Namun kami yakin, perkembangan yang negatif belakangan ini memaksa kami melakukannya."

 

2 dari 4 halaman

Kiprah Favre

Lucien Favre sebenarnya sempat menjanjikan dia awal bergabung dengan Dortmund pada 2018 lalu. Di musim pertamanya, mantan pelatih  Hertha Berlin dan Borussia Moenchenglabdach itu sukses membawa Die Borussen memimpin Bundesliga hingga paruh musim 2018/2019.

Sayang, Favre tidak mampu mempertahankan tren ini. Selepas musim dingin, pasukannya terus melempem sampai akhirnya Bayern Munchen kembali menyalip dan menjuarai musim tersebut. 

Musim lalu, Dortmund kembali gagal bersaing dengan Muncchen dan finis di urutan kedua. 

 

3 dari 4 halaman

16 Besar Liga Champions

Sementara itu, selain perjalanan berat yang harus dilalui di ajang Bundesliga, Dortmund juga masih punya tugas yang tak kalah beratnya di ajang Liga Champions. Seperti diketahui, Dortmund berhasil melaju ke babak 16 besar setelah keluar sebagai juara grup F pada babak penyisihan. 

Belum diketahui siapa lawan Dortmund selanjutnya, sebab drawing babak 16 besar Liga Champions 2020 baru akan digelar sore ini WIB. Namun Dortmund bakal tampil tanpa Favre pada laga nanti. 

Simak juga berita tentang drawing Liga Champions 2020 pada tautan ini...

 

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini