Sukses

Jadwal Mike Tyson vs Roy Jones Jr: Duel di Garis Depan

Liputan6.com, Jakarta - Mantan juara kelas berat tinju dunia Mike Tyson dan Roy Jones Jr segera berduel. Keduanya melakoni laga eksebisi berdurasi delapan ronde untuk amal. 

Kerinduan para pencinta olahraga adu jotos bakal sedikit terobati lewat duel nostalgia ini. Maklum, ini bakal jadi pertarungan pertama Tyson sejak memutuskan pensiun 2005 lalu.

Tyson bakal meladeni Jones Jr di Staples Center, Los Angeles, California. Mereka akan bertarung pada laga yang diberi label "Frontline Battle" atau "Pertempuran di Garis Depan". 

Menurut Direktur Komisi Atlet Negara Bagian California (CSAC), Andy Foster, pihaknya akan berusaha melindungi kedua petinju dari cedera. Selain memperketat aturan, kedua petinju juga akan mengenakan sarung tinju seberat 12 ons demi meredam benturan yang terlalu keras. Maklum usia kedua petinju sudah tidak muda lagi. Tyson saat ini sudah berusia 54 tahun dan Jones Jr 51 tahun. 

Meski keduanya bertarung dalam 'kehati-hatian', duel Tyson vs Jones Jr sayang dilewatkan. Setidaknya pertarungan ini bakal membawa pecinta tinju mengingat kembali era keemasan Tyson. Apalagi pihak penyelenggara, Trille, memastikan bahwa duel ini hanya melahirkan satu pemenang.

Saksikan Video Mike Tyson Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Karier Tyson

Kariernya mulai meroket saat Tyson pertama kali merebut gelar juara dunia versi WBC di usia 20 tahun dengan mengalahkan Trevor Berbick, November 1986. Kareirnya terus melejit dan menjadi juara undisputed dengan merebut gelar WBA, WBO, dan IBF pada tahun 1987 hingga 1990. 

Setelah kalah dari James Buster Douglas, karier Tyson naik-turun. Masalah yang menimpanya di luar ring tinju telah mempengaruhi kariernya. Tyson pun sempat kehilangan lisensi bertanding setelah dengan sengaja mengigit telinga Evander Holyfield dalam duel rematch pada 28 Juni 1997. 

Tyson mengakhiri karier pada tahun 2005 dengan rekor bertanding 50 (44 KO)-6-0. 

3 dari 4 halaman

Kualitas Jones Jr

Sementara itu, Jones Jr merupakan petinju penjelajah. Pria kelahiran Florida itu pernah menjadi juara dunia di 4 kelas berbeda, middle, supermiddleweight, lihtweight, dan kelas berat.

Karier Roy Jones Jr berawal dari kelas middleweight dan pernah menjadi juara dunia versi badan IBF. Jones Jr juga berjaya saat tampil di kelas super middleweight dan menjadi juara dunia versi IBF.

Sementara di kelas light heavyweight, Jones Jr adalah mantan penguasa gelar juara dunia WBA.

Gelar ini semakin lengkap setelah pada tahun 2000, Jones Jr berhasil merebut gelar juara dunia kelas berat versi WBA dengan mengalahkan John Ruiz pada tahun 2003. Ini merupakan satu-satunya gelar juara dunia kelas berat yang pernah diraih petinju yang memiliki julukan Superman tersebut.

Kejuaraan dunia terakhir yang diikuti Jones Jr berlangsung pada 2009 lalu. Saat itu, dia berniat merebut gelar juara dunia kelas cruiser versi IBO, tapi kalah di tangan Danny Green. Sepanjang kariernya, Roy Jones Jr sudah mencatatkan rekor bertanding 66 (47KO) -9 (5KO) -0.

Lalu kapan duel Mike Tyson vs Roy Jones Jr? Selengkapnya simak di halaman berikutnya. 

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.