Sukses

Mike Tyson Vs Roy Jones Jr, Siapa Lebih Kaya?

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Mike Tyson melawan Roy Jones Jr, baru akan berlangsung pada Sabtu (28/11/2020) atau Minggu siang WIB. Namun untuk urusan kekayaan, siapa kira-kira yang bakal jadi pemenangnya?

Mike Tyson dan Roy Jones Jr diketahui merupakan dua petinju yang sempat mengukir tinta emas di arena tinju profesional. Ketangguhan mereka di atas ring tak hanya mendatangkan sederet sabuk juara, tapi juga menjadi ladang subur untuk menumpuk pundi-pundi kekayaan pada masanya.

Di era 90-an, Mike Tyson merupakan primadona tinju kelas berat dunia. Namanya sohor ke berbagai penjuru bumi. 'Kebrutalannya' di atas ring membuat promotor rela memberikan bayaran bertanding yang fantastis kepada petinju yang dijuluki The Baddest Man On Planet tersebut.

Sederet petinju-petinju ternama ambruk dihantam Tyson. Pada usia 20 tahun, pria kelahiran Brooklyn, New York itu bahkan sudah berhasil menjadi juara dunia kelas berat usai menakukkan Trevor Berbick. Sampai saat ini, belum ada yang mampu mengimbangi rekor yang ditorehkan Si Leher Beton.

Kariernya terus melambung. Dia kemudian sukses menjadi juara dunia kelas berat untuk empat badan tinju ternama, WBA, WBC, WBO, dan IBF dan sukses mempertahankannya sejak 1987-1990.

 

2 dari 5 halaman

Hidup Glamour

Di era keemasannya, Mike Tyson hidup glamour. Tinggal di rumah bak istana yang penuh kemewahan.

Menurut data yang dilansir Celebrity Net Worth, Tyson sempat merasakan pendapatan sebesar 413 juta USD atau setara dengan Rp Rp5,8 Triliun jika disesuaikan dengan tingkat inflasi saat ini. Sayang, gaya hidup ugal-ugalan itu jugalah yang menyeret Tyson ke titik nadir kariernya. Akrab dengan obat-obatan terlarang hingga kecanduan alkohol, Tyson juga lekat dengan tindakan kriminal. Mulai dari dari sekedar pertikaian di tempat hiburan hingga tindak pemerkosaan yang menyeretnya ke balik jeruji besi.

Seluruhnya bermuara kepada satu titik, yakni kehancuran. Baik itu karier maupun keuangannya.Mike Tyson akhirnya pensiun pada tahun 2005. Dan secara perlahan, kekayaan yang selama ini dimiliki juga ikut menyusut dan pernah dinyatakan bangkrut. Diperkirakan harta Tyson saat ini hanya berkisar 3 juta USD atau setara Rp42,4 Miliar. Sebagian besar berasal dari bisnis ganja lewat perusahaan Holistic Holdings yang menghasilkan pemasukan 500 ribu USD atau setara Rp7 Miliar setiap bulannya.

 

3 dari 5 halaman

Bangkrut

Celakanya, kondisi finansial Roy Jones Jr ternyata tidak kalah buruk dari Mike Tyson. Bedanya, keuntungan yang diraih lewat tetesan keringat di arena tinju menguap lewat bisnis yang gagal.

Seperti dilansir dari ibtimes.com, setelah pensiun, Roy Jones Jr sempat memiliki studio rekaman dan terjun ke bisnis real estate. Sayang, kedua usaha ini gagal dan dinyatakan bankrut tahun 2014.Saat masih aktif, Jones Jr sempat meghasilkan pemasukan sebesar 55 juta USD lewat bayaran bertanding, endorsement, hingga bonus pay-per-view (PPV). Di luar arena tinju, Jones Jr juga sempat tampil di beberapa film, seperti "The Devil's Advocate", "Cordially Invited", dan "Southpaw."

Mantan juara dunia kelas menengah versi IBF itu bahkan pernah merisli album pada 2001 dengan judul "Round One: The Album.”

4 dari 5 halaman

Infografis Mike Tyson Vs Roy Jones Jr

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini