Sukses

Sukses di Singapura, ONE Championship Siapkan Lagi Ajang Lebih Besar

Liputan6.com, Jakarta One Championship sukses menggelar ajang mix martial arts (MMA) pertama yang dilaksanakan di masa pandemi. One Championship baru saja menggelar ajang bertajuk ONE: Reign of Dynasties yang dihelat di Singapura pada Jumat (9/10/2020) lalu.

Selain sukses melaksanakan ajang tersebut, One Championship juga membuktikan bahwa ajang ini bisa digelar ditengah situasi yang tidak menentu. Asalkan, mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Berkaca dari kesuksesan ONE: Reign of Dynasties, One Championship segera menggelar kembali kompetisi bergengsi yang serupa. Rencananya, One Championship akan menghelat ajang yang bertajuk ONE: Inside The Matrix pada akhir bulan nanti.

Ajang ini akan mempertemukan beberapa pemain kelas dunia yang memperebutkan beberapa gelar bergengsi. Bahkan, ajang One Championship ini digadang-gadang menjadi ajang terbesar yang bakal diselenggarakan tahun ini.

2 dari 8 halaman

Perebutan Sabuk Juara Dunia ONE Middleweight

Pada partai puncak, juara dunia dua divisi ONE Championship Aung La “The Burmese Python” N Sang akan mempertahankan sabuk Juara Dunia ONE Middleweight dengan menghadapi Reinier “The Dutch Knight” De Ridder.

Terakhir kali, Aung La N Sang berlaga di atas ring dalam ajang ONE: Century Part II pada Oktober 2019 lalu. Waktu itu, ia mengalahkan Brandon “The Truth” Vera lewat KO pada ronde dua untuk mempertahankan sabuk Juara Dunia ONE Light Heavyweight.

Sementara, De Ridder adalah pemegang sabuk hitam Judo yang memiliki kemampuan striking fenomenal. Sejauh ini, ia memiliki rekor sempurna 12-0 dalam seni bela diri campuran (MMA).

Terbaru, ia mengalahkan Juara Dunia Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) Leandro “Wolf” Ataides pada bulan Februari lalu untuk mendapat kesempatan menantang Aung La N Sang.

Laga besar ini sejatinya digelar pada April lalu di Jakarta. Namun, laga ini tertunda akibat pandemi Covid-19.

3 dari 8 halaman

Perebutan Sabuk Juara Dunia ONE Lightweight

ONE: Inside The Matrix juga akan menampilkan laga antara Juara Dunia ONE Lightweight Christian “The Warrior” Lee menghadapi penantang teratas dalam divisi tersebut, Iuri Lapicus.

Christian Lee merebut sabuk tersebut usai mengalahkan atlet legendaris Jepang Shinya “Tobikan Judan” Aoki. Lalu, ia mengalahkan Saygid “Dagi” Guseyn Arslanaliev untuk menjuarai Kejuaraan ONE Lightweight World Grand Prix.

Padahal, saat itu ia tampil mendadak karena harus menggantikan petarung lain yang cedera beberapa minggu sebelum jadwal.

Sementara, Lapicus berlatih bersama Juara Dunia Grand Prix ONE Featherweight Kickboxing, Giorgio “The Doctor” Petrosyan, di Milan, Italia. Ia tak terkalahkan dalam 14 laga profesionalnya.

4 dari 8 halaman

Atlet Berdarah Vietnam

Selain itu, ada pula laga Juara Dunia ONE Featherweight Martin “The Situ-Asian” Nguyen yang akan mempertahankan sabuk emasnya menghadapi kontender peringkat #3 di divisi tersebut, Thanh Le.

Martin Nguyen seolah tampil tanpa cela sejak merebut sabuk Juara tersebut dari Gafurov pada Agustus 2017. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab atlet asal Vietnam-Australia itu sukses mempertahankan sabuknya dari tantangan Christian Lee pada Mei 2018 lalu.

Setelah itu, ia mengalahkan Narantungalag “Tungaa” Jadambaadan kontender peringkat #2 dan Koyomi “Moushigo” Matsushima pada tahun lalu.

Martin Nguyen kini akan menghadapi seniman pencetak KO asal Amerika yang juga berdarah Vietnam. Sejak debutnya di ONE pada Mei 2019, Thanh Le tampil sangat impresif dengan menang KO/TKO atas Yusup “Maestro” Saadulaev, Kotetsu “No Face” Boku, dan Ryogo Takahashi.

5 dari 8 halaman

Laga Rematch Dua Bintang di Divisi Strawweight Wanita

Laga lainnya yang tak kalah ciamik saat “The Panda” Xiong Jing Nan mempertahankan sabuk Juara Dunia ONE Women’s Strawweight atas kontender peringkat #1 Tiffany “No Chill” Teo.

Sebelumnya, pada Januari 2018 lalu, Xiong menang TKO pada ronde keempat atas Teo dalam ajang ONE: Kings of Courage untuk meraih sabuk Juara Dunia perdana.

Setelah kalah dalam laga itu, Teo berjuang sangat keras dengan mengalahkan kontender peringkat #2 Michelle Nicolini dan #4 Ayaka Miura.

6 dari 8 halaman

Dua Laga Eksplosif Lain

Ikon olahraga Filipina Eduard “Landslide” Folayang akan menghadapi Antonio “The Spartan” Caruso dalam ajang ini. Caruso sendiri tengah berlatih di Sanford MMA bersama para petarung top MMA lain seperti Aung La N Sang dan Vitor Belfort untuk mempersiapkan diri.

Sementara, Folayang tengah berupaya keras untuk kembali ke deretan teratas di divisi lightweight. Ia merupakan mantan pemegang sabuk emas di divisi ini dan siap tampil apik dalam ONE: Inside The Matrix.

7 dari 8 halaman

Cara Menyaksikan

ONE: Inside The Matrix akan diselenggarakan langsung dari Singapore Indoor Stadium pada Jumat 30 Oktober 2020.

Ajang ini dapat disaksikan langsung lewat ONE Super App dan Vidio. Selain itu, dapat pula disaksikan di SCTV.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

8 dari 8 halaman

Simak Video One Championship Berikut Ini