Sukses

Magath: Guardiola Sukses di Barcelona Karena Messi

Liputan6.com, Munchen- Suara keras dilontarkan legenda Timnas Jerman dan Bayern Munchen, Felix Magath. Dia tak yakin dengan kemampuan Josep Guardiola sebagai pelatih.

Dia pun menilai apa yang dilakukan Guardiola di Barcelona bukan hasil kejeniusan sang pelatih. Guardiola disebutnya saat itu terbantu oleh kehebatan permainan Lionel Messi.

Barcelona memenangkan dua trofi Liga Champions dengan Josep Guardiola. Magath meyakini itu lebih disebabkan oleh kehebatan Messi.

Guardiola memang jadi sorotan saat itu karena memenangkan semua trofi untuk Barcelona pada debut pertamanya sebagai pelatih. Barcelona menambah trofi Liga Champions dua musim kemudian usai kalahkan MU di final.

Guardiola meninggalkan Barcelona usai meraih 14 trofi. Namun di dua klub berikutnya, Bayern Munchen dan Man City, Guardiola tak bisa berbuat banyak di Liga Champions.

 

2 dari 5 halaman

Tiki Taka Tak Ampuh

Magath mempertanyakan gaya main Guardiola yang mengandalkan penguasaan bola. Pelatih Man City itu disebutnya bisa sukses di Barcelona karena Messi yang bisa tentukan hasil pertandingan.

"Messi yang memenangkan gelar bukan Guardiola," ujar Magath seperti dikutip Bild.

"Tanpa Messi, sistem tiki taka tak akan sukses dengan Guardiola. Kalau tidak, dia sudah memenangkan Liga Champions dengan Man City dan Munchen."

 

3 dari 5 halaman

Superior

 

Taktik Guardiola disebutnya hanya bisa dimenangkan kalau ada pemain superior di lapangan.

"Untuk penonton, menahan bola terlalu membosankan dan klub besar tak terlalu butuh ini," ujarnya.

 

4 dari 5 halaman

Sentil Klopp

 

Magath juga menyentil Jurgen Klopp. Sesama pelatih Jerman, Magath yakin Klopp terbantu transfer pemain yang dilakukan Liverpool.

"Kalau Liverpool tak merogoh kocek dan beli Alisson untuk 60 juta euro, bek Virgil van Dijk 85 juta euro, sistem Klopp mungkin tak sukses," ujarnya.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini: