Sukses

Barcelona Akan Berlakukan Pemotongan Gaji karena Rugi Rp 1,68 Triliun akibat Covid-19

Liputan6.com, Barcelona - Seperti banyak klub lainnya, pandemi corona Covid-19 telah menghantam Barcelona secara finansial. Pekan ini, tim Catalan mengumumkan kerugian sebesar 97 juta euro atau sekitar Rp 1,68 triliun untuk tahun ekonomi 2019-20.

Barcelona juga menyalahkan pandemi sebagai penyebab turunnya pendapatan sebesar 203 juta euro. Saat situasi seperti ini, Barcelona akan memberlakukan pemotongan gaji bagi banyak karyawan.

Wakil Presiden Barcelona Jordi Moix menegaskan para pemain kemungkinan besar tak akan menjadi dari kebijakan tersebut. "Kami tidak menciptakan Covid," kata Moix dalam wawancara dengan RAC1 seperti dikutip Goal.

"Pendapatan 200 juta euro yang tidak kami miliki musim ini bukanlah hasil dari kesalahan manajemen kami."

"Pengurangannya belum tentu untuk para pemain, ada kemungkinan akan ada formula yang beragam untuk kasus berbeda," ucap Moix menambahkan. "Kontrak dapat disesuaikan dengan kriteria olahraga, kriteria proporsionalitas, dan keadaan olahraga."

 

 

2 dari 5 halaman

Cari Solusi

Moix mengatakan pihaknya akan mencari solusi atas situasi ini. "Ini adalah situasi yang luar biasa dan kami harus mencari solusi di klub untuk menyeimbangkan anggaran dengan cara terbaik," ujarnya.

"Menghindari kehilangan pekerjaan di masa depan adalah yang harus kita prioritaskan."

 

 

3 dari 5 halaman

Mosi Tidak Percaya

Moix juga mengindikasikan masa depannya di Camp Nou sangat diragukan. Ini dapat terjadi setelah pada Rabu (7/10/2020) mosi tidak percaya terhadap presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu akan dilanjutkan.

Setelah anggota klub mencapai jumlah tanda tangan yang diperlukan untuk mosi tersebut, referendum presiden akan diadakan dalam beberapa bulan mendatang.

"Minggu depan kami akan duduk bersama anggota dewan lainnya untuk menilai situasi setiap kali mosi kecaman berakhir dalam pemilihan," kata Moix.

"Saya tidak mengesampingkan apa pun sekarang, saya juga tidak mengesampingkan pengunduran diri."

Dalam referendum tersebut, 66 persen suara akan dibutuhkan untuk menggulingkan Bartomeu dari posisinya.

 

4 dari 5 halaman

Tujuh Poin

Barcelona telah mengamankan tujuh poin dari tiga pertandingan pembukaan Liga Spanyol. Akhir pekan kemarin, Lionel Messi dan kolega bermain imbang 1-1 melawan Sevilla.

Blaugrana akan kembali beraksi setelah jeda internasional dengan menghadapi Getafe pada 18 Oktober. 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini