Sukses

Juventus vs Sampdoria: Start Sempurna Pirlo

Liputan6.com, Turin- Andrea Pirlo mengawali debut sebagai pelatih profesional dengan sempurna. Tim asuhannya Juventus menang telak tiga gol tanpa balas saat menjamu Sampdoria pada pekan pertama Liga Italia Serie A 2020-2021 di Allianz Stadium, Senin (21/9/2020) dinihari WIB.

Tak hanya sekadar menang, Pirlo juga menghadirkan permainan apik pada Juventus. Aliran bola mengalir dengan sangat baik, berbanding terbalik dengan saat masih dilatih Maurizio Sarri.

Kemenangan ini membuat Juventus berada di urutan dua klasemen Serie A. Juve hanya kalah selisih gol dari Genoa yang menang 4-1 di laga lainnya.

Pada laga perdananya, Pirlo langsung memainkan dua pemain anyar, Dejan Kulusevski dan Winston McKennie. Pirlo juga memainkan pemain muda Gianluca Fabrotta di pos bek kiri.

Disaksikan 1.000 penonton, Juventus langsung menekan Sampdoria. Dua peluang emas didapat di awal laga saat sepakan Danilo meleset tipis dan tembakan Cristiano Ronaldo yang bisa ditepis Emil Audero Mulyadi.

Juventus membuka keunggulan saat laga berjalan 13 menit lewat sepakan akurat Kulusevski. Pemain asal Swedia itu melepaskan tendangan melengkung mendatar ke tiang jauh memanfaatkan bola liar setelah penetrasi Ronaldo digagalkan pemain Sampdoria.

Ronaldo seharusnya bisa menambah keunggulan Juventus. Dua peluang emas didapat Ronaldo di sisa babak pertama. Sayangnya sepakan kerasnya masih membentur mistar gawang. Sedangkan sontekannya masih melebar.

 

 

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Beberapa menit babak kedua berjalan, Fabrotta hampir membuat gol. Tendangan keras kaki kirinya susah payah ditepis oleh Audero Mulyadi.

Audero Mulyadi kembali melakukan penyelamatan penting di pertengahan babak kedua. Pria keturunan Indonesia itu menepis tendangan bebas Ronaldo.

Juventus akhirnya bisa menggandakan skor pada menit 79 melalui bek Leonardo Bonucci. Berawal dari sepak pojok Kulusevski, terjadi kemelut di kotak penalti Sampdoria. Sepakan McKennie masih bisa ditepis Audero. Namun bola muntah langsung disambar Bonucci.

Beberapa menit setelah mencetak gol Bonucci hampir jadi pecundang. Sundulannya mengarah ke gawang sendiri. Beruntung kiper Wojciech Szczesny masih bisa menangkap bola.

McKennie hampir menyusul Kulusevski melakukan debut gemilang. Sepakan McKennie susah payah dihalau Audero Mulyadi dengan dengan tangan dan kakinya sehingga bola bergulir tipis di garis gawang. Hanya beberapa milimeter saja yang menggagalkan McKennie membuat gol.

Ronaldo akhirnya ikut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 88. Pria Portugal itu menuntaskan umpan terobosan dari Ramsey.

Di menit akhir, Ronaldo hampir menambah satu gol lagi jika tidak terlambar menyambar umpan tarik Ramsey.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Juventus: Szczesny; Bonucci, Chiellini (Demiral 82), Danilo; Cuadrado (Bentancur 78), Rabiot, McKennie, Frabotta (De Sciglio 67); Kulusevski (Douglas Costa 82), Cristiano Ronaldo, Ramsey

Sampdoria: Audero; Bereszynski, Tonelli (Yoshida 46), Colley, Augello; Depaoli (Ramirez 46), Thorsby (Damsgaard 70), Ekdal, Leris (Quagliarella 46), Jankto; Bonazzoli (Verre 70)

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: