Sukses

Kepala BNPB: PSSI dan Perbasi Harus Berkoordinasi dengan Satgas Covid-19

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Doni Monardo, mewajibkan penyelenggara pertandingan untuk berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 sebelum memulai pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi bola basket IBL 2020, Shopee Liga 1 2020, dan Liga 2 2020 akan kembali bergulir di tengah pandemi Covid-19. Kompetisi bergengsi tersebut rencananya akan dimulai pada Oktober mendatang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo, telah memberikan lampu hijau bagi bergulirnya tiga kompetisi tersebut. Namun, pihak penyelenggara baik itu PSSI atau Perbasi diwajibkan berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan (Satgas) Covid-19 di daerah.

“Para penyelenggara harus berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan Satgas Covid-19 di kabupaten/kota tempat diselenggarakannya pertandingan. Hal ini dilakukan supaya pertandingan bisa berjalan aman dan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut, koordinasi ini bisa meminimalisir celah-celah penyebaran virus yang timbul. Sehingga pihak penyelenggara ataupun Satgas Covid-19 bisa menanggulangi dengan cepat dan sigap.

Doni juga mengungkap kedua cabang olahraga ini sangat diminati masyarakat. Oleh karena itu, perlu perhatian ekstra dan pengawasan yang ketat agar berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Sehat

Selain melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19, Doni juga mengingatkan kepada penyelenggara untuk memastikan seluruh perangkat pertandingan dalam kondisi sehat. Ia mengatakan atlet atau peserta yang memiliki penyakit bawaan dianjurkan untuk tidak berpartisipasi.

Doni khawatir bila atlet atau panitia yang memiliki riwayat penyakit bawaan seperti diabetes, jantung, hipertensi akan terkena dampak buruk jika terjangkit Covid-19.

"85-92 persen angka kematian di tanah air adalah saudara-saudara kita yang punya penyakit bawaan seperti jantung, ginjal, diabetes, hipertensi, dll. Mereka sangat dianjurkan tidak ikut serta dalam kegiatan ini,” paparnya

3 dari 3 halaman

Wajib Tes PCR

Seluruh perangkat pertandingan dalam kompetisi ini juga diwajibkan untuk menjalani tes PCR. Baik itu pemain, pelatih, ofisial pertandingan dan siapa pun yang terlibat.

“Kami akan memberikan dukungan penuh bagi penyelenggara, pemain dan unsur pendukung lainnya untuk melakukan tes swab,” ucapnya.

Kompetisi lanjutan ini memang penting, tetapi kesehatan seluruh perangkat pertandingan jauh lebih penting. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Doni berharap kompetisi nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.