Sukses

Tak Tertarik Wirausaha, Robert Alberts Fokus Bekerja untuk Persib

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengungkapkan dirinya belum tertarik terjun ke dunia usaha.

Liputan6.com, Bandung Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengungkapkan dirinya belum tertarik terjun ke dunia usaha. Walau sebagian anak buahnya di tim berjuluk Maung Bandung memiliki usaha sampingan di luar sepak bola. 

"Saya tidak ada niatan untuk berbisnis saat ini, hanya fokus terhadap sepak bola saja. Karena penting untuk fokus terhadap sepak bola dan fokus terhadap hasil pertandingan," ujar pria 65 tahun itu, Rabu (15/9/2020).

Seperti diketahui, dunia usaha sudah menjadi hal jamak di kalangan pesepak bola dunia. Salah satu contoh pesepak bola dengan bisnis yang cukup sukses tentu saja Cristiano Ronaldo. CR7, julukan Ronaldo, bahkan memiliki bisnis yang cukup banyak. Salah satunya di sektor properti, khususnya hotel.

Di Indonesia, hal yang sama juga terjadi. Beberapa pemain sepak bola mengembangkan sayap bisnis mereka di bidang fesyen, kuliner, hingga properti kontrakan rumah.

Robert malah mengapresiasi pemain yang terjun ke dunia usaha selagi bisa memanfaatkan waktu luangnya. Sedangkan, ia mengaku harus bekerja penuh sebagai seorang pelatih.

"Jika sudah mulai terjun untuk membuka bisnis, sebagai pelatih tidak ada waktu. Kalau pemain berbeda, mereka hanya datang untuk berlatih. Pemain ada banyak waktu luang selain untuk mempersiapkan diri untuk berlatih dan tidak perlu memikirkan hal lain jadi untuk berbisnis itu positif untuk karir setelah menjadi pesepakbola," ungkapnya.

"Sedangkan untuk pelatih, waktu 24 jam dihabiskan dengan tugas sebagai pelatih di kepala jadi tak ada waktu untuk hal lain," ujar Robert menambahkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Tertarik Bikin Akademi

Jika memang waktu seorang pelatih cukup sibuk sehingga tak punya waktu untuk berbisnis, bagaimana untuk membentuk klub sepak bola atau akademi? Robert memiliki jawabannya sendiri.

"Tidak juga. Pekerjaan saya hanya berkonsentrasi penuh untuk Persib Bandung untuk mengantarkan hasil terbaik. Saya tidak bisa memikirkan hal lain, karena saya berkonsentrasi penuh untuk Persib untuk menjadi juara," kata mantan pelatih PSM Makassar itu.

Robert bahkan berharap dapat memberikan gelar lebih banyak selama ia melatih tim Maung Bandung.

"Dan bukan hanya satu kali menjadi juara tapi menjadi tim yang secara konstan terus menjadi tim yang jadi kandidat juara," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.