Sukses

INFOGRAFIS: 2021, Tahun Terakhir Messi di Barcelona atau Berlanjut?

Liputan6.com, Jakarta Lionel Messi sudah mengubah pendiriannya soal hengkang dari Barcelona musim ini. Messi bersedia habiskan sisa kontraknya di Barcelona hingga 2021.

Berubahnya pikiran Messi membuat warga Barcelona dan Katalunya gembira. Setidaknya masih ada harapan untuk menonton aksi Messi minimal setahun lagi.

Media di Spanyol bahkan berspekulasi, Messi bisa mengubah pikirannya kembali di Maret 2021 nanti. Dia bisa saja perpanjang kontrak dua tahun, semua tergantung dari siapa presiden baru yang memimpin Barcelona.

Victor Font, kandidat kuat presiden Barcelona disinyalir salah satu yang akan mencoba ubah pikiran Messi. Dia pun ingin membawa Xavi Hernandez sebagai pelatih Barcelona agar bisa lebih dekat dengan Messi.

Messi sebelumnya sudah mengucapkan niatnya untuk pindah. Meski tak menyebut kemana, Manchester City menjadi destinasi berikutnya Messi usai tinggalkan Barcelona. Bakal terjadikah?

2 dari 6 halaman

Drama di Klub dan Rumah

Messi pun menceritakan begitu banyak drama yang terjadi usai dirinya mengungkapkan ingin tinggalkan Barcelona. Drama tidak saja terjadi di Barcelona tapi juga di rumah.

Ini pula yang membuatnya untuk bertahan di Barcelona. Messi mengaku jadi tak tega melihat reaksi keluarganya yang histeris karena keinginannya untuk pergi.

Seperti diketahui, Messi menggemparkan dunia setelah mengucapkan keinginannya untuk meninggalkan Barcelona pada akhir Agustus lalu. Dia pun ingin pergi dengan status bebas transfer.

Namun ini juga membuat hubungannya dengan Barcelona memanas. Klub asal Katalunya itu bersikukuh Messi masih terikat kontrak hingga 2021 dan punya klausul pelepasan sebesar 700 juta euro atau Rp 12 Triliun.

"Saat saya pertama kali ucapkan keinginan saya untuk pergi kepada istri dan anak, terjadi drama yang begitu brutal," ujar Messi seperti dikutip Goal.

"Seluruh keluarga mulai menangis, anak saya tak mau pergi dari Barcelona, juga tak mau pindah sekolah."

 

3 dari 6 halaman

Habiskan Sisa Kontraknya

Messi ingin menghabiskan sisa kontraknya dengan Barcelona. Dia pun ingin meninggalkan klub dalam posisi tertinggi.

"Saya sempat berpikir keluar klub, saya ingin bersaing di level tertinggi, memenangkan gelar, bersaing di Liga Champions," ujarnya.

"Anda bisa menang atau kalah karena ini sangat sulit, tapi Anda harus bersaing. Setidaknya bersaing jangan sampai hancur seperti di Roma, Liverpool dan Lisbon. Itulah yang membuat saya ingin pergi."

 

 

4 dari 6 halaman

Ogah Jalur Hukum

Sebelumnya, Lionel Messi mengakhiri drama terkait masa depannya di Barcelona. Pemain asal Argentina itu memutuskan bertahan di Camp Nou, Jumat (4/9/2020).

"Saya tidak mau membawa klub ke jalur pengadilan yang saya perkuat seumur hidup. Maka dari itu saya akan tinggal," ungkap Messi, dilansir Goal.

TyC Sports yang pertama kali memberitakan kabar ini. Mereka menyebut keengganan Messi mempersulit Barcelona dan klub barunya jika membawa kasus ke jalur hukum.

Maka, pemain terbaik dunia enam kali ini menyatakan siap tinggal di Barcelona hingga kontraknya berakhir pada Juni 2021.

Pernyataan Messi juga mengakhiri polemik yang berlangsung sepanjang hari ini. Diawali dengan pernyataan resmi yang dikeluarkan agen sekaligus sang ayah, Jorge.

5 dari 6 halaman

Infografis

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Messi di Bawah Ini: