Sukses

Punya Kenangan Spesial, MU Ikhlaskan Van de Beek Kenakan Nomor Punggung Ini

Liputan6.com, Jakarta Donny van de Beek telah memilih untuk mengenakan jersey nomor 34 di Manchester United (MU). Dia beralasan putusannya itu, sebagai penghormatan kepada temannya dan mantan rekan setim Ajax Amsterdam, Abdelhak Nouri.

Seperti diketahui, Van de Beek menyelesaikan transfer ke MU dari raksasa Belanda pada Rabu kemarin (2/9/2020). Kesepakatan ini menghabiskan biaya sekitar 39,1 juta pounds atau 44 juta euro.

Segera setelah kepindahannya dipastikan, Setan Merah mengumumkan pilihan nomor punggung Van de Beek. Dan, pemain berusia 23 tahun itu memberikan sikap berkelas.

Nouri, yang sudah lama bersama Van de Beek di akademi Ajax, telah mengenakan nomor 34 selama waktunya bersama tim senior sebelum sebuah tragedi mempersingkat kariernya yang sedang berkembang pada 2017.

Nouri pingsan selama pertandingan pramusim dan menderita serangan aritmia jantung yang membuatnya mengalami kerusakan otak permanen dan koma. Ia baru bangun pada bulan Maret lalu setelah koma hampir dua tahun sembilan bulan.

Sebenarnya, nomor itu milik Dean Henderson. Tapi, MU mengonfirmasi bahwa kiper tersebut telah membiarkan Van de Beek mengambilnya.

2 dari 6 halaman

Spesial

“Ini hal yang spesial buat saya karena sahabat baik saya Abdelhak Nouri… mungkin kalian tahu ceritanya,” ucapnya kepada situs resmi Man United.

“Dia mengalami serangan jantung dan dia adalah teman baik saya, dan saya sangat dekat dengan keluarganya dan saudara laki-lakinya adalah salah satu teman terbaik saya. Saya banyak berbicara dengan mereka," kata Van de Beek.

"Jadi, saya memutuskan untuk memakai nomor lamanya di baju saya. Saya ingin mendapatkan kenangan indah dengan nomor ini."

3 dari 6 halaman

Batal ke Madrid

Sebelumnya, Van de Beek tampaknya akan ditakdirkan untuk bergabung dengan Real Madrid awal tahun ini. Tapi, laporan media mengklaim Los Blancos memilih untuk menarik diri dari perjanjian dengan Ajax setelah pandemi virus corona memaksa penghentian sepak bola papan atas Eropa.

Pemain internasional Belanda mendukung opsi lini tengah United dan menandatangani kontrak lima tahun, meskipun klub memiliki opsi untuk memperpanjangnya hingga 12 bulan lagi.

4 dari 6 halaman

Debut

Van de Beek diperkirakan dia akan melakukan debutnya untuk United dalam pertandingan pembukaan Liga Inggris pada 19 September di kandang melawan Crystal Palace.

Selama membela Ajax, Van de Beek dikenal memakai nomor punggung 6. Namun, ia takkan bisa memakai nomor punggung tersebut di MU. Nomor 6 di MU saat ini sudah dipakai Paul Pogba.

5 dari 6 halaman

Karantina

Van de Beek saat ini masih membela Timnas Belanda. Dia bakal segera gabung Manchester United setelah dua laga di UEFA Nations League melawan Polandia (4 September) dan Italia (7 September).

Karena kontrak sudah beres sebelum dua laga internasional itu, Van de Beek juga tak akan menjalani karantina selama 14 hari. Ini sudah dikonfirmasi pemerintah Belanda.

6 dari 6 halaman

Simak Video Manchester United Berikut Ini