Sukses

Teman Jadi Lawan, Van Dijk Tetap Dukung Van de Beek ke MU

Liputan6.com, Jakarta Bek Liverpool, Virgil van Dijk, menyampaikan dukungannya terhadap kompatriotnya, Donny van de Beek yang segera berlabuh di klub rival, Manchester United (MU). Pemain bertahan asal Belanda itu juga menganggap Van de Beek sudah mengambil langkah yang luar biasa dalam kariernya.

MU telah menyetujui pembelian Van de Beek. Gelandang berusia 23 tahun itu ditebus dari Ajax Amsterdam dengan harga 40,3 juta pound sterling atau setara dengan Rp782 Miliar. Kepindahan Van de Beek tinggal menunggu waktu diumumkan secara resmi.

Tidak hanya Setan Merah yang tertarik kepada Van de Beek. Sebelumnya, Tottensham Hotspur, Barcelona, hingga Real Madrid juga berniat memboyong Van de Beek ke skuatnya.

Namun MU akhirnya memenangkan persaingan ini dan Van De Beek bakal menjadi pembelian pertama manajer Ole Gunnar Solskjaer pada bursa transfer musim panas ini.

 

2 dari 5 halaman

Apa Kata Van Dijk?

Kehadiran Van de Beek tetap mendapat sambutan hangat dari Van Dijk. Padahal, rekan senegaranya itu bakal menjadi rival yang harus dihadapinya pada Liga Inggris Premier League. 

Van Dijk juga membantah berusaha mempengaruhi pemikiran Van de Beek terkait kepindahannya ke MU, yang notabene adalah rival dari Liverpool. "Tidak," katanya menanggapi tudingan itu.

"Saya berharap yang terbaik untuk dia," kata mantan pemain Southampton itu.

"Itu hal yang fantastis untuk dia dan sepak bola Belanda. Langkah luar biasa menuju klub bagus bagi pemain Belanda," bebernya. "Begitu juga dengan Nathan Ake," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Masih di Timnas Belanda

Saat ini, Van de Beek masih mengikuti pemusatan latihan bersama timnas Belanda. Dia sempat mendapat izin untuk berangkat ke Amterdam mengikuti tes kesehatan. 

Menurut pelatih interim, Dwight Lodeweges, Van de Beek akan kembali ke pemusatan latihan.

"Tidak, saya pikir sudah hampir rampung," kata Lodeweges Senin kemarin.

"Ada tes medis. Sudah dilaksanakan. Saya yakin tidak akan mengirim Donny pulang karena dia sendiri yang menginginkan berada di sini. Itu juga penting."

4 dari 5 halaman

Gagal ke Madrid

Transfer Van de Beek ke MU sebenarnya mengejutkan. Padahal, dia nyaris gabung Real Madrid sebelum adanya pandemi Covid-19.

Peraturan di Liga Belanda Erivisie menyatakan transfer pemain harus dirampungkan sebelum musim dimulai pada 13 September. Van de Beek juga tak usah karantina di Inggris karena sudah terdaftar sebagai pemain MU.

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini