Sukses

Tidak Murah, PSG Keluarkan Rp 22,11 Triliun untuk Capai Final Liga Champions

PSG mencapai final Liga Champions untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Liputan6.com, Lisbon - Setelah mengeluarkan lebih dari satu miliar euro untuk membangun tim plus puluhan juta demi memakai jasa pelatih kelas dunia, Paris Saint-Germain (PSG) akhirnya masuk final Liga Champions. Namun, biaya sebesar itu masih belum tentu membuahkan trofi.

PSG menembus laga puncak Liga Champions 2019/2020 usai menaklukkan RB Leipzig 3-0 di Estadio da Luz, Selasa (18/8/2020) atau Rabu dini hari WIB. Gol kemenangan datang dari Marquinhos, Angel Di Maria, dan Juan Bernat.

Setelah sebelumnya maksimal mencapai semifinal pada 1994/2995, ini adalah kali pertama mereka lolos ke final Liga Champions. Pasukan Thomas Tuchel selanjutnya menghadapi pemenang Olympique Lyon Bayern Munchen.

Perjalanan PSG mencapai titik ini tidak murah. Qatar Sports Investments (QSI) mencanangkannya dengan menanam investasi besar-besaran usai membeli klub pada 2011.

Hingga musim panas 2019, Transfermarkt mencatat QSI sudah menyetor 1,254 miliar euro atau Rp 22,11 triliun untuk membeli pemain.

 

Saksikan Video PSG di Liga Champions Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pecahkan Rekor Transfer

Puncak aktivitas PSG terjadi pada 2017. PSG memecahkan rekor transfer dunia dengan merekrut Neymar dari Barcelona senilai 222 juta euro.

Pada musim sama mereka meminjam Kylian Mbappe dari AS Monaco sebelum mematenkan kehadirannya dengan biaya 145 juta euro.

Pembelian mahal lainnya mencakup Edinson Cavani (64,5 juta euro), Angel Di Maria (63 juta euro) , dan Mauro Icardi (50 juta euro).

 

3 dari 4 halaman

Sewa Pelatih Kelas Dunia

Namun, skuat penuh bintang itu tidak cukup. Dibutuhkan pelatih berkaliber demi meracik mereka menjadi tim kompak.

Proyek bersama Carlo Ancelotti, ketika itu masih mengoleksi dua gelar Liga Champions, terhenti karena godaan Real Madrid. PSG lalu berjalan stagnan bersama Laurent Blanc, yang berujung pada pemecatan dan pembayaran kompensasi senilai 22 juta euro pada 2016.

Unai Emery juga tidak mampu berkontribusi, sebelum QSI akhirnya mempercayakan tim kepada Tuchel.

4 dari 4 halaman

Kiprah Tuchel

Kinerja tim pada musim debut Tuchel menunjukkan masalah PSG masih sama. Mereka belum memiliki mental untuk bersaing di Liga Champions yang kental tradisi. Terbukti Les Parisiens terhenti di 16 besar.

Sampai akhirnya tren itu terhenti pada musim ini. PSG akhirnya mencapai final. Kini mereka coba mewujudkan ambisi pada laga puncak nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.