Sukses

Profil 3 Tim Promosi Liga Inggris 2020/21: Menanti Sepak Terjang Si Gila

Liputan6.com, London - Liga Inggris musim 2019/20 telah tutup tirai. Liverpool keluar sebagai kampiun, menggantikan Manchester City yang kali ini harus finis sebagai runner up.

Kedua tim bersama dengan Manchester United dan Chelsea akan mewakili Liga Inggris di Liga Champions musim depan. Hanya saja, Chelsea yang finis di peringkat ke-4 harus melewati babak kualifikasi terlebih dahulu.

Di papan bawah, Norwich City, Watford dan Bournemouth harus rela terdegradasi ke Divisi Championship musim depan. Ketiganya menempati urutan paling bawah yakni ke-20, ke-19, dan ke-18.

Tempat ketiganya di Liga Inggris akan digantikan Leeds United, West Bromwich Albion, dan Fulham. Leeds lolos sebagai juara Divisi Championship, West Brom sebagai runner up, sedangkan Fulham lolos lewat jalur play-off.

Rencananya, Liga Inggris musim 2020/21 akan dimulai 12 September 2020 dan selesai 23 Mei 2021. Ya, pandemi virus corona covid-19 memaksa operator kompetisi memutar otak untuk menyiasati jadwal.

Sebelum dimulai, berikut profil tiga tim promosi Liga Inggris 2020/21.

 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Leeds United

Leeds United memastikan diri promosi ke Liga Inggris 2020/21. Kesuksesan itu menandai kebangkitan Leeds yang terakhir kali mentas di Liga Inggris musim 2003/04.

Pencapaian Leeds tidak terlepas dari tangan dingin Marcelo Bielsa. Pelatih asal Argentina itu masuk pada Juni 2018.

Masuknya Bielsa terhitung mengejutkan lantaran pelatih berusia 65 tahun itu dikenal sebagai pelatih top. Pelatih berjuluk El Loco (Si Gila) itu tercatat pernah menangani timnas Chile, Atletico Madrid, dan Lazio.

Meski tak bergelimang trofi, Bielsa dikenal sebagai manajer jempolan soal taktik. Manajer Man City, Pep Guardiola bahkan menyebutnya sebagai salah satu yang terbaik.

Kehadiran Bielsa di Liga Inggris musim depan tentu semakin membuat kompetisi berwarna. Pasalnya, ia akan beradu taktik dengan para manajer jempolan.

Nama klub: Leeds United

Didirikan: 17 Oktober 1909

Stadion: Ellan Road

Manajer: Marcelo Bielsa

Pemain Kunci: Patrick Bamford

Terakhir kali di Liga Inggris: 2003/04

Peringkat di Championship: Juara

Trofi:

3 kali Liga Inggris, 4 Divisi Championship, 1 League One

1 Piala FA, 1 Piala Liga, 2 Community Shield, 2 Fairs Cup

3 dari 5 halaman

2. West Bromwich Albion

West Bromwich Albion (WBA) hanya butuh waktu tiga musim untuk kembali ke Liga Inggris. Mereka terdegradasi pada musim 2017/18.

Klub berjuluk The Baggies itu kini ditukangi Slaven Bilic. Manajer asal Kroasia itu terhitung sosok kenyang pengalaman.

Sebelum melatih Wes Brom, Bilic pernah melatih West Ham United dan timnas Kroasia. Dengan kembalinya West Brom ke Liga Inggris, Bilic tentu ingin memperlihatkan kalau dirinya belum habis.

Selain Bilic, yang menjadi sorotan tentu adalah sosok Gareth Barry (39). Gelandang yang pernah bermain bagi Man City itu sangat dibutuhkan WBA untuk berkompetisi di Liga Inggris.

Nama klub: West Bromwich Albion

Didirikan: 1878

Julukan: The Baggies

Stadion: The Hawthorns

Manajer: Slaven Bilic

Pemain Kunci: Gareth Barry

Terakhir kali di Liga Inggris: 2017/18

Peringkat di Championship: Runner up

Trofi

1 Liga Inggris, 3 Championship, 1 League One

5 Piala FA, 1 Piala Liga, 2 Community Shield

4 dari 5 halaman

3. Fulham

Scott Parker membuktikan diri sebagai salah satu manajer muda yang patut diperhitungkan. Kendati baru berusia 39 tahun, Parker sukses membawa Fulham promosi ke Liga Inggris.

Yang luar biasa, Fulham adalah klub pertama yang dilatih Parker. Meski bukan trofi, promosinya Fulham ke Liga Inggris tentu menjadi bukti bakat Parker sebagai manajer.

Tantangan berat jelas menanti Parker di Liga Inggris. Mantan gelandang Chelsea dan Tottenham Hotspur itu harus mencari taktik terbaik agar Fulham tak sekadar numpang lewat.

Di musim depan, nama Aleksandar Mitrovic akan tetap menjadi andalan. Striker asal Serbia itu sukses mengakhiri musim 2019/20 sebagai pencetak gol terbanyak dengan 26 gol.

Nama Klub: Fulham

Didirikan: 1879

Stadion: Craven Cottage

Manajer: Scott Parker

Pemain kunci: Aleksandar Mitrovic

Terakhir kali di Liga Inggris: 2018/19

Peringkat di Championship: Keempat (lolos lewat jalur playoff)

Trofi: -

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Liga Inggris di Bawah Ini