Sukses

Sah, Gianluigi Buffon Jadi Raja Serie A

Liputan6.com, Turin- Kiper veteran Juventus Gianluigi Buffon resmi mencatatkan diri di buku sejarah sebagai pemain paling banyak tampil di Serie A. Rekor dibuat saat Juventus menang melawan Torino, Sabtu (4/7/2020) malam WIB.

Pria 42 tahun itu tampil sebagai starter saat Juventus melawan Torino. Laga tersebut merupakan penampilan Buffon ke-648 di Serie A.

Buffon pun berhasil memecahkan rekor abadi milik eks pemain AC Milan Paolo Maldini sebagai raja Serie A. Sebelumnya Maldini memegang rekor penampilan terbanyak di Serie A dengan 647 pertandingan.

Sayangnya pesta Buffon tak sempurna. Gawangnya kebobolan di detik akhir babak pertama lewat penalti Andrea Belotti. Hadiah penalti diberikan karena bola mengenai tangan bek Matthijs de Ligt.

Buffon masih berpeluang mempertajam rekor tersebut. Buffon belum mau pensiun meski sudah 42 tahun. Pria Italia itu baru saja memperpanjang kontraknya di Juventus sampai tahun depan.

 

 

2 dari 4 halaman

Dua Periode

Buffon pertama kali main di Serie A pada tahun 1995 bersama Parma. Baru di tahun 2001, Buffon pindah ke Juventus. Total Buffon membela Juventus selama dua periode.

Pada tahun 2018, Buffon memilih pindah ke Paris Saint Germain untuk kemudian pensiun. Namun karena masih prima Buffon memutuskan lanjut bermain dan kembali ke Juventus setahun kemudian.

3 dari 4 halaman

Cadangan

Pada periode kedua di Juventus, Buffon tak lagi berstatus kiper utama. Buffon cuma menjadi pelapis bagi Wojciech Szczesny.

Buffon hanya menjadi starter di ajang Coppa Italia. Sedangkan di Serie A dan Liga Champions, Buffon menjadi kiper kedua. Di Serie A 2019-2020, Buffon main delapan kali.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: