Sukses

Fakta-fakta Meninggalnya Pengisi Suara Shizuka di Doraemon

Liputan6.com, Jakarta Pengisi suara karakter Shizuka dalam serial animasi ternama Doraemon, Prabawati Sukarta, dikabarkan meninggal dunia pada Senin malam, 15 Juni 2020 lalu.

Kabar duka ini diketahui dari unggahan akun Instagram resmi Indonesian Voice Talent pada Kamis (18/6/2020) malam. Almarhumah sendiri diketahui merupakan pengisi suara karakter 'Shizuka' pertama dan cukup legendaris.

Melalui akun Instagram @indonesianvoicetalent, Jumat (19/6/2020) kabar duka ini pertama kali disampaikan melalu sang anak, Ady Aiman. Kepergian Prabawati Sukarta tak hanya meninggalkan kesedihan bagi keluarga saja. Akan tetapi tak sedikit para sahabat serta penggemar serial animasi Doraemon yang turut merasa kehilangan.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait dengan Prabawati Sukarta selaku pengisi suara pertama karakter 'Shizuka' dalam serial animasi Doraemon, jumat (19/6/2020)

2 dari 5 halaman

1. Berhenti mengisi suara Shizuka

Kepergian salah satu dubber ternama Tanah Air ini meninggalkan duka dan kesedihan mendalam bagi banyak orang. Prabawati Sukarata sendiri memang telah cukup lama berhenti menjadi pengisi suara karakter 'Shizuka'.

Karakter Shizuka sendiri memang telah 4 kali berganti dubber. Namun, Prabawati merupakan salah satu pengisi suara ternama dan cukup diingat oleh publik terutama bagi generasi 90- an. Ia pun diketahui berhenti menjadi pengisi suara shizuka pada 2006 lalu.

3 dari 5 halaman

2. Mantan penyiar RRI

Bukan hanya berprofesi sebagai seorang dubber saja. Akan tetapi almarhumah diketahui sempat menjadi penyiar radio. Prabawati Sukarta merupakan mantan penyiar Radio Republik Indonesia (RRI) Jakarta era 1980-an silam.

4 dari 5 halaman

3. Gagal ginjal

Prabawati Sukarta sendiri memang telah cukup lama tak terdengar oleh publik. Rupanya, ia diketahui tengah berjuang melawan penyakit yang ia derita.

Dubber Shizuka ini sendiri diketahui meninggal dunia pada usia 64 tahun di rumahnya, Prum Duren jaya, Bekasi Timur. Meninggalnya mantan penyiar RRi ini diketahui setelah berjuang melawan penyakit gagal ginjal. Prabawati pun diketahi telah berjuang melawan gagal ginjal selama tujuh tahun terakhir.

5 dari 5 halaman

4. Sosok dermawan

Bukan hanya dikenal sebagai seorang pengisi suara karakter Shizuka saja. Akan tetapi ia juga cukup dikenal luas sebagai seorang yang dermawan. Karena faktor usia dan kesehatannya, Prabawati pun telah lama tak bekerja di RRI Jakarta. Ibu lima orang anak ini juga diketahui merupakan wanita yang sederhana.

 

(Sumber: Hot Liputan6.com/Novita Ayuningtyas/Rizky Mandasari)