Sukses

UEFA Berharap Jendela Transfer Eropa Berjalan Dinamis

Liputan6.com, Jakarta Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) menginginkan jendela transfer Eropa yang dinamis pada penutupan musim panas ini. Rencananya bursa akan ditutup pada 5 Oktober mendatang, menjelang tahap Liga Champions dan Liga Eropa musim depan.

Setelah pertemuan komite eksekutif yang diadakan melalui konferensi video, UEFA mengatakan klub akan memiliki waktu hingga 6 Oktober untuk mendaftarkan pemain ke babak grup kompetisi klub Eropa musim depan.

Dan, pada Rabu kemarin diumumkan bahwa Liga Champions 2020-21 akan dimulai pada 20 Oktober, dengan babak penyisihan grup Liga Eropa dimulai dua hari kemudian.

Biasanya, jendela transfer musim panas di Eropa ditutup pada awal September, meskipun masing-masing negara tidak semua mengikuti tanggal yang sama.

Sepak bola saat masih beradaptasi setelah musim yang terganggu karena pandemi virus corona sejak Maret lalu.

2 dari 3 halaman

Format Turnamen

Sebelumnya, dikabarkan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa musim ini ditargetkan selesai pada Agustus 2020. UEFA juga setuju memakai format turnamen 'final eight' untuk tuntaskan musim ini.

Seperti dilansir BBC Sport, 'final eight' Liga Champions dan Liga Europa musim ini bakal digelar di Kota Lisbon, Portugal, dan di kota-kota seluruh Jerman, yang dianggap relatif aman dari Corona.

3 dari 3 halaman

Terbuka Lebar

UEFA sendiri sudah memutuskan menghentikan kompetisi Liga Champions dan Liga Europa sejak Maret lalu, karena pandemi Covid-19 yang menimpa secara global. Kini, rencana melanjutkan sisa musim ini terbuka lebar.

Selain itu, UEFA juga mengonfirmasi bahwa seluruh venue dari 12 kota tuan rumah asli akan tetap menggelar pertandingan putaran final Euro 2020, yang tertunda juga akibat pandemi Covid-19.