Sukses

Fakta Menarik Football, Olahraga Paling Populer di Amerika Serikat

Liputan6.com, Jakarta Kepopuleran olahraga sepakbola di dunia sudah tak perlu diragukan lagi. Di Indonesia dan Asia, sepakbola selalu menjadi olahraga dan tontonan nomor satu, paling banyak penggemar dan pengikutnya. Benua eropa apalagi, bertabur bintang dan idola sepakbola. Setiap pekannya jutaan pasang mata pecinta olahraga tertuju pada pertandingan-pertandingan yang digelar di masing-masing negara di Eropa.

Jika di negara-negara Eropa dan Asia, sepakbola selalu menempati olahraga paling populer dan, berbeda cerita jika di Amerika Serikat. Ternyata Sepakbola bukan yang pertama, kedua dan ketiga pun tidak lho. Dilansir dari sport.one, sepakbola berada di urutan kelima. Berada di atas olahraga tinju di posisi keenam dan di bawah Hocky yang ada di posisi keempat. Basket yang begitu terkenal di dunia hanya menempati posisi ketiga. Lantas olahraga apa yang paling populer di sana? Urutan pertama adalah American Football yang lebih populer dari Baseball yang berada di peringkat kedua.

American Football

Di Amerika Serikat istilah football dipakai untuk olahraga American Football dan untuk istilah sepak bola disebut dengan soccer. American Football merupakan olahraga yang paling populer di Amerika Serikat. Saat partai puncak berlangsung, Negeri Paman Sam seakan terbius. Seluruh sudut kota bakal menayangkan acara ini dan orang-orang berbondong-bondong ke stadion bersama teman maupun keluarga untuk menonton secara langsung.

Didirikan di New Jersey pada tahun 1869, American Football telah menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat lebih dari satu abad. National Football League atau yang dikenal sebagai NFL menjadi kompetisi olahraga dengan jumlah penonton terbesar setiap tahunnya. Pada NFL Draft 2019 berhasil mencetak rekor jumlah penonton terbanyak yakni rata-rata 6,1 juta pemirsa. Angka tersebut semakin menegaskan bahwa Football menjadi olahraga paling populer di Amerika.

Beberapa alasan yang membuat olahraga Football populer di Amerika antara lain;

Olahraga yang komplit

Sama seperti sepak bola, American Football juga dimainkan oleh dua tim yang masing-masing timnya terdiri dari sebelas pemain. Perbedaannya adalah dua tim ini dibagi menjadi dua jenis yaitu tim penyerang dan tim bertahan. Para pemain American Football yang menyerang harus membawa, melempar atau menendang bola sampai ke garis gawang untuk mendapatkan poin atau gol.

Sementara yang bertahan, melakukan berbagai upaya untuk merebut bola dan menahan pemain supaya tidak bisa bergerak ke depan. Karena ada kontak fisik inilah para pemain menggunakan pakaian dengan pelindung khusus, termasuk helm. Pertarungan fisik dan kekuatan di lapangan ini juga yang menjadi daya tarik menarik bagi publik Amerika. 

2 dari 3 halaman

Tercipta banyak poin dan Setiap Detik Berharga

Keseruan dari olahraga ini adalah banyak poin dan gol yang bisa dirayakan. Satu kali touchdown adalah 6 poin dan jika ditambah dengan kick in akan bernilai 3. Jadi, jangan kaget ketika melihat skor di NFL mencapai 20 sampai 40-an poin. Selain itu, American Football tidak mengenal kata seri karena harus ada pemenang. Setiap detik merupakan perjuangan yang sangat berarti bagi sebuah tim.

Selalu ada intrik yang muncul untuk mencetak banyak poin dan gol. Tidak mudah untuk mengatakan siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Meskipun itu adalah tim besar bertabur bintang. Semua tergantung pada kekuatan pemain dan taktik dari pelatih. Selalu saja ada kejutan setiap pertandingan yang didapatkan para penonton.

Susun Tim Impian Football

Fantasy Football Leagues memberi para penggemar kesempatan untuk membuat tim impian mereka sendiri. Hal ini membuat penggemar tertarik pada permainan Football di luar tim favorit mereka, karena tim fantasi dibuat dari antara tim-tim di NFL.

3 dari 3 halaman

NFL's Super Bowl

Super Bowl adalah sebutan untuk pertandingan final Liga American Football atau NFL yang mempertemukan juara National Football Conference/NFC dengan juara American Football Conference/AFC). Ini menjadi ajang yang paling prestisius dan digilai warga Amerika. Hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memiliki minat besar untuk datang.

Tak hanya menonton pertandingan tapi juga menonton aksi musisi-musisi terkenal dunia di panggung Super Bowl Halftime Show. Jadi, tidak mengherankan meskipun tiket masuk menonton Super Bowl tergolong sangat tinggi, masih banyak orang yang berebut dan tidak kebagian.

Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Mereka yang berprestasi dan menjadi terbaik selalu masuk dalam Hall of Champions. Dikutip dari Ranker.com, 10 pemain terbaik sepanjang masa antara lain Lawrence Taylor, Barry Sanders, Deion Sanders, Randy Moss, Jerry Rice, Joe Greene, Emmitt Smith, Walter Payton, dan Tom Brady di urutan ke-10.

Begitu populernya  Football dan prestasi yang diciptakan pemain untuk klub dan kota kelahirannya, banyak museum-museum olahraga di Amerika Serikat yang memberikan apresiasi besar sekaligus mengabadikan atlet-atlet American Football tersebut untuk mengisi galeri museum. Salah satunya adalah San Diego, kota kedua terbesar di negara bagian California dan kota kedelapan terbesar di Amerika Serikat.

Museum olahraga San Diego Hall of Champions yang berdiri sejak tahun 1953 ini menampilkan banyak cerita dan kisah sukses dari para atlet dari American Football asal San Diego. Tercatat lebih lebih dari 50 Football masuk San Diego Hall of Champions. Legenda Football pertama yang masuk Hall of Champions adalah Harold Muller. Ia adalah seorang pemain dan pelatih untuk Tim Los Angeles Buccaneers pada tahun 1926.

Sejak museum San Diego Hall of Champions berdiri, hampir setiap tahunnya ada atlet football yang masuk ke Hall of Champions. Salah satunya yang menarik adalah Terrel Davis, pemain Running Back asal San Diego, California ini menempati peringkat ke 52 pemain terbaik sepanjang masa American Football yang sudah berlangsung selama lebih dari satu abad. Selain itu, Davis juga terpilih menjadi tiga Pro Bowls dan diangkat ke Tim All-Decade NFL tahun 1990-an dan terpilih menjadi Pro Football Hall of Fame pada 2017.

Informasi lebih lanjut tentang San Diego Hall of Champions kunjungi www.sdhoc.com